Gangguan Makan Berlebihan (Binge Eating Disorder)


Gangguan makan berlebihan (binge eating disorder) adalah gangguan makan yang serius dimana anda sering mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang luar biasa besar. Hampulir semua orang makan banyak pada setiap kesempatan. Tapi bagi sebagian orang, makan berlebihan hingga melewati batas normal (hingga dapat dikategorikan gangguan makan berlebihan) adalah kejadian yang biasa, dan mereka biasanya melakukan hal ini secara rahasia.

Bila anda memilki gangguan makan berlebihan, anda mungkin sangat malu hingga sering kali bersumpah untuk berhenti. Tetapi anda merasa seperti ada keharusan dan tidak dapat menahan dorongan untuk melanjutkan makan berlebihan. Jika anda memiliki gangguan makan berlebihan, pengobatan khusus akan dapat membantu anda.

Gejala

Anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda fisik atau gejala yang jelas ketika anda mengalami gangguan makan berlebihan. Anda mungkin hanya nampulak kelebihan berat badan atau obesitas, atau anda mungkin juga berada pada berat badan yang normal. Namun, anda mungkin memiliki gejala dan tanda-tanda perilaku serta emosional, seperti:

· Makan dalam jumlah yang luar biasa besar

· Makan bahkan ketika anda sudah Kenyang atau ketika anda tidak lapar

· Makan dengan cepat

· Sering makan sendirian

· Merasa bahwa perilaku makan anda berada di luar kendali

· Merasa tertekan, jijik, malu, bersalah, atau marah tentang perilaku makan anda

· Mengalami depresi dan kecemasan

· Merasa terisolasi dan mengalami kesulitan berbicara tentang perasaan anda

· Sering diet, mungkin tanpa kehilangan sejumlah berat badan

· Kehilangan berat badan dan kemudian bertambah kembali – secara berulang-ulang, seringkali disebut diet yo-yo

Setelah berpesta, anda mungkin mencoba untuk diet atau makan makanan normal. Tetapi membatasi makan anda mungkin hanya menimbulkan keinginan untuk lebih banyak makan, hingga menciptakan “lingkaran setan”.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab gangguan makan berlebihan tidak dapat diketahui. Tetapi, riwayat keluarga, faktor biologis, diet dan masalah psikologis dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko anda.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena gangguan makan berlebihan meliputi:

· Riwayat keluarga dan faktor biologis. Anda cenderung memiliki gangguan makan berlebihan jika orang tua atau saudar anda memiliki (atau pernah memiliki) gangguan makan. Beberapa orang dengan gangguan makan berlebihan mungkin mewarisi gen yang membuat mereka lebih rentan untuk mengembangkan gangguan, atau struktur kimiawi pada otak mereka mungkin telah berubah.

· Masalah psikologis. Mayoritas orang dengan gangguan makan berlebihan memilki berat badan yang berlebih, sangat perduli dengan penampulilan mereka, dan merasa buruk tentang hal tersebut. bila anda memiliki gangguan makan berlebihan, anda mungkin bertindak impulsive dan merasa anda tidak dapat mengontrol perilaku anda. anda mungkin memiliki sejarah depresi atau penyalahgunaan zat. Anda juga mungkin mengalami kesulitan menghadapi stres, khawatir, kesedihan, kemarahan, dan kebosanan.

· Diet. Banyak orang dengan gangguan makan berlebihan memiliki riwayat diet- beberapa telah menjalani diet secara berlebihan sejak masa kanak-kanak. Diet dapat memicu dorongan untuk makan secara berlebihan, terutama jika anda memilki harga diri yang rendah dan gejala depresi.

· Usia. Meskipun orang dari berbagai usia dapat mengalami gangguan makan berlebihan, namun gangguan ini sering dimulai pada akhir usia belasan atau awal 20-an.

 Komplikasi

Anda mungkin mengalami masalah psikologis dan fisik yang berkaitan dengan makan berlebihan. Beberapa komplikasi timbul dari kelebihan berat badan karena seringnya makan. Komplikasi lain dapat terjadi karena kebiasaan diet yo-yo yang tidak sehat, pesta/makan besar diikuti dengan diet yang keras. Selain itu, makanan yang dikonsumsi saat pesta sering memilki lemak yang tinggi dan rendah protein, sehingga menyebabkan masalah kesehata.

Komplikasi yang mungkin disebabkan atau terkait dengan gangguan makan berlebihan, meliputi:

· Depresi

· Pikiran untuk bunuh diri

· Insomnia

· Obesitas

· Tekanan darah tinggi

· Diabetes tipe 2

· Kolesterol tinggi

· Penyakit kandung empedu dan masalah pencernaan lainnya

· Penyakit jantung

· Beberapa jenis kanker

· Nyeri sendi

· Nyeri otot

· Sakit kepala

· Masalah menstruasi

Kapan Harus ke Dokter ?

Jika anda memiliki gejala gangguan makan berlebihan, carilah bantuan medis sesegera mungkin. Gangguan makan berlebihan biasanya tidak dapat sembuh dengan sendirinya, dan mungkin akan menjadi lebih buruk jika tidak ditangani.

Bicaralah dengan dokter perawatan primer atau penyedia kesehatan mental tentang gejala gangguan makan berlebihan dan perasaan yang anda alami. Jika anda enggan untuk mencari pengobatan, bicaralah dengan seseorang yang anda percaya tentang apa yang sedang anda alami. Seorang teman, kekasih, guru, atau pemimpin iman dapat membantu anda mengambil langkah pertama pengobatan.

Membantu orang terdekat anda yang memiliki gejala gangguan makan berlebihan:

Seseorang dengan gangguan makan berlebihan sangat ahli dalam menyembunyikan perilaku mereka, sehingga sulit bagi orang lain untuk mendeteksi masalah mereka. jika anda memilki orang terdekat yang menurut anda mungkin memiliki gejala makan berlebihan, anda dapat berdiskusi dan berbicara jujur mengenai keprihatinan anda. Anda dapat menawarkan dorongan dan dukungan serta membantu orang tersebut dengan menemukan dokter yang memenuhi syarat atau penyedia kesehatan mental. Anda bahkan  dapat menawarkan diri untuk pergi bersama (menemani) orang tersebut.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Tujuan pengobatan untuk gangguan makan berlebihan anda untuk mengurangi kebiasaan makan yang berlebihan, dan untuk meningkatkan kesejahteraan emosional anda, dan (bila perlu) untuk menurunkan berat badan anda. karena makan berlebihan berkaitan dengan rasa malu, citra diri yang buruk, jijik terhadap diri sendiri, dan emosi negatif lainnya, makan pengobatan juga diperlukan untuk mengatasi masalah psikologis. Dengan mendapatkan bantuan kesehatan fisik dan mental, anda dapat belajar bagaimana untuk menurunkan berat badan secara benar dan mempertahankannya.

Ada empat jenis pengobatan utama untuk gangguan makan berlebihan:

Psikoterapi

Psikoterapi, baik dalam sesi individu maupun kelompok, dapat membantu mengajarkan anda bagaimana untuk menukar kebiasaan yang tidak sehat menjadi kebiasaan yang sehat, serta mengurangi episode makan berlebihan. Contoh psikoterapi meliputi:

· Terapi perilaku kognitif (CBT). CBT dapat membuat anda mengatasi isu-isu yang dapat memicu episode makan berlebihan, seperti perasaan negative tentang tubuh anda atau suasana hati yang tertekan. Hal ini juga dapat memberikan anda pengertian yang lebih baik dan kontrol atas perilaku dan pola makan anda. jika anda kelebihan berat badan, anda mungkin memerlukan konseling penurunan berat badan disampuling CBT.

· Psikoterapi interpersonal. Psikoterapi interpersonal berfokus pada hubungan anda saat ini dengan orang lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampulilan interpersonal anda – bagaimana anda berhubungan dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, dan kolega. Hal ini dapat membantu mengurangi makan berlebihan yang dipicu oleh hubungan yang negatif dan kemampuluan komunikasi yang tidak sehat.

· Terapi perilaku dialektis. Bentuk terapi ini dapat membantu anda mempelajari keterampulilan perilaku untuk membantu anda mentolerir stres, mengatur emosi, dan meningkatkan hubungan anda dengan orang lain, yang semuanya dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Obat-obatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk mengobati gangguan makan berlebihan. Namuna, beberapa jenis obat dapat membantu mengurangi gejalanya, terutama bila dikombinasikan dengan psikoterapi. Contoh obat-obatan untuk gangguan ini meliputi:

· Antidepresen. Antidepresan yang dikenal sebagai selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) dan tricyclic antidepressant (TCAs) mungkin dapat membantu. Tidak begitu jelas bagaimana antidepresan ini bisa mengurangi makan yang berlebihan, hal ini mungkin berhubungan dengan bagaimana obat tersebut mempengaruhi zat kimia tertentu pada otak yang berhubungan dengan suasana hati.

· Antikonvulsi topiramate (Topamax). Biasanya digunakan untuk mengontrol kejang, topiramate juga diketahui dapat mengurangi episode gangguan makan berlebihan. Namun, obat ini berpotensi untuk menyebabkan efek samping yang cukup serius, sehingga anda harus mendiskusikan risiko ini dengan dokter anda.

 Program penurunan berat badan melalui perilaku

Banyak orang dengan gangguan makan berlebihan memiliki sejarah panjang kegagalan untuk menurunkan berat badan mereka. namun, program penurunan berat badan biasanya tidak dianjurkan hingga gangguan makan berlebihan dapat diobati, karena diet kalori yang sangat rendah dapat memicu lebih banyak episode makan berlebihan.

Bila diperlukan, program penurunan berat badan umumnya dilakukan di bawah pengawasan medis untuk memastikan bahwa kebutuhan gizi anda terpenuhi. Program penurunan berat badan yang diarahkan pada pemicu dari gangguan makan berlebihan dapat sangat terbantu jika anda juga melakukan terapi perilaku kognitif.

Strategi membantu diri sendiri (self-help)

Beberapa orang dengan gangguan makan berlebihan dapat menemukan buku panduan, video, program internet, atau kelompok dukungan yang efektif bagi diri mereka untuk mulai membantu memperbaiki kondisi diri mereka sendiri. Beberapa program gangguan makan menawarkan petunjuk self-help yang dapat anda gunakan sendiri atau dengan bimbingan dari para ahli kesehatan mental. Namun, anda mungkin masih akan memerlukan perawatan profesional, baik dengan psikoterapi ataupun obat.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan

Biasanya, upaya untuk mengobati gangguan makan berlebihan yang anda lakukan sendirian tidak akan efektif. Akan tetapi di samping bantuan profesional, anda dapat mengambil langkah-langkah perawatan diri untuk memperkuat rencana pengobatan anda:

· Tetap konsisten dengan program pengobatan anda. Jangan melewatkan sesi terapi. Jika anda memiliki rencana untuk makan, lakukan yang terbaik untuk tetap pada anjuran dokter dan jangan biarkan kemunduran menggagalkan upaya anda secara keseluruhan.

· Hindari diet. Mencoba untuk diet dapat memicu episode makan berlebihan lebih banyak, yang mengarah kepada “lingkaran setan” hingga sulit untuk dihentikan. Bicarakan dengan dokter anda tentang strategi manajemen berat badan yang sesuai untuk anda – jangan lakukan diet kecuali jika memang direkomendasikan sebagai bentuk pengobatan anda dan diawasi oleh dokter.

· Makan sarapan. Banyak orang yang memiliki gangguan makan berlebihan sering melewatkan sarapan. Tetapi, jika anda memakan sarapan, anda cenderung lebih sedikit memakan makanan berkalori tinggi di waktu makan lainnya.

· Jangan simpan banyak persediaan makanan. Simpan sedikit makanan di rumah dari yang biasanya anda lakukan. Hal ini berarti anda akan lebih sering melakukan perjalanan ke toko, tetapi cara ini juga dapat menghilangkan godaan dan kemampuluan anda untuk makan berlebihan.

· Dapatkan nutrisi yang tepat. Meskipun anda makan banyak makanan selama terjadi episode gangguan makan berlebihan, tidak berarti anda memakan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda. Bicarakan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen vitamin dan mineral.

· Tetap terhubung/berinteraksi. Jangan mengisolasi diri dari kepedulian anggota keluarga dan teman-teman yang ingin melihat anda hidup sehat. Anda harus memahami bahwa mereka ingin yang terbaik untuk anda.

· Tetap aktif. Tanyakan penyedia layanan kesehatan mengenai jenis aktivitas fisik yang tepat untuk anda, terutama jika anda memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan.

 Tips-tips

Hidup dengan gangguan makan berlebihan dapat menjadi sangat sulit karena anda harus berurusan dengan makanan setiap harinya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatasi masalah anda:

· Jangan terlalu keras pada diri anda sendiri. Jangan memberikan kritik terhadap diri and

· Indentifikasikan situasi yang dapat memicu perilaku makan destruktif sehingga anda dapat menyusun rencan untuk menangani perilaku tersebut

· Carilah role model yang positif dan dapat membantu anda meningkatkan harga diri anda. Mungkin mereka akan cukup sulit ditemukan, tetapi ingatkan diri anda bahwa model-model super kurus atau aktris yang dipamerkan di majalah-majalah wanita seringkali tidak mewakili tubuh yang sehat dan realistis

· Cobalah untuk menemukan rasa percaya diri agar anda mampulu berbicara tentang apa yang terjadi.

· Cobalah menemukan seseorang yang dapat menajdi mitra anda dalam pertempuran melawan gangguan makan berlebihan – seseorang yang dapat anda ajak bicara daripada anda (melampuliaskan masalah) makan berlebihan, misalnya.

· Temukan cara sehat untuk merawat diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan atau untuk bersantai, seperti yoga, meditasi, atau hanya berjalan-jalan.

· Pertimbangkan untuk membuat jurnal tentang perasaan dan perilaku anda. Jurnal dapat membuat anda menyadari perasaan dan tindakan anda, serta keterkaitan antara keduanya.

 Dapatkan dukungan

Jika anda memiliki gangguan makan berlebihan, anda dan keluarga mungkin dapat menemukan kelompok dukungan untuk memberikan dorongan, harapan, dan rekomendasi untuk mengatasi masalah anda. Dukungan dari anggota kelompok  benar-benar dapat memahami apa yang sedang anda alami karena mereka sudah pernah mengalaminya. Tanyakan pada dokter anda jika ia mengetahui kelompok dukungan di daerah anda.

Pencegahan

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah gangguan makan berlebihan, namun ketika anda mengalami gejala makan yang berlebihan, carilah bantuan profesional. Dokter atau penyedia layanan kesehatan dapat memberitahu anda dimana anda dapat memperoleh bantuan.

Jika anda mengenal seseorang yang memiliki gangguan makan berlebihan, arahkan mereka untuk berperilaku sehat dan pengobatan profesional sebelum situasi mereka semakin memburuk. Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk membantu orang dengan gangguan makan berlebihan:

· Memupuk dan memperkuat citra tubuh yagn sehat pada anda, tidak berdasarkan pada ukuran atau bentuk

· Berdiskusi dengan pediatric (dokter anak). Dokter anak mungkin adalah orang yang tetap untuk mengidentifikasi indikator awal dari gangguan makan berlebihan dan membantu mencegah perkembangannya

· Jika anda melihat seorang kerabat atau teman yang nampulaknya memiliki masalah yang mengarah pada gangguan makan berlebihan, pertimbangkanlah untuk berbicara secara langsung dengan mereka mengenai masalah ini dan tanyakan bagaimana anda dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *