FLOATERS


Eye floaters atau floaters pada mata adalah bintik-bintik yang terdapat pada penglihatan anda. Eye floaters mungkin terlihat seperti bintik hitam atau abu-abu, benang, atau jaring laba-laba yang mengambang ketika anda memindahkan/menggerakkan mata anda.

Eye floaters sebagian besar disebabkan oleh perubahan terkait-usia dan muncul ketika substansi seperti jelly (vitreous) dalam mata anda menjadi lebih likuid. Ketika hal ini terjadi, serat mikroskopis dalam vitreous cenderung mengumpul dan dapat melemparkan bayangan kecil pada retina, yang mungkin anda lihat sebagai eye floaters.

Jika anda melihat peningkatan jumlah eye floaters secara drastis, hubungi seorang spesialis mata segera – terutama jika anda juga melihat kilatan cahaya atau kehilangan penglihatan tepi. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari suatu keadaan darurat yang membutuhkan perhatian serius.

Gejala

Gejala eye floaters mungkin berupa:

• Sebuah area pada visi anda yang mungkin terlihat seperti bintik gelap/menonjol, seperti benang transparan yang mengambang

• Sebuah area yang bergerak saat anda memindahkan/menggerakkan mata anda, sehingga ketika anda mencoba untuk melihat mereka, mereka bergerak keluar dengan cepat dari lapangan visual anda

• Sebuah area yang paling terlihat ketika anda melihat latar belakang polos terang, seperti langit biru atau dinding putih

• Sebuah area yang menetap dan melayang keluar dari garis visi

Penyebab & Faktor Risiko

Eye floaters dapat disebabkan oleh:

• Perubahan mata yang berhubungan dengan usia. Eye floaters paling sering terjadi sebagai perubahan mata yang berkaitan dengan usia pada bagian vitreous, yakni substansi seperti jelly yang mengisi bola mata anda dan membantu mempertahankan bentuk bulat mereka. Seiring waktu, vitreous berubah secara konsistendan sebagiannya menjadi cair – sebuah proses yang menyebabkannya vitreous menyusut dan menarik diri dari permukaan interior bola mata. Ketika vitreous menyusut dan mengendur, vitreous tersebut membentuk gumpalan yang berbentuk seperti benang/serabut. Potongan-potongan dari serabut ini menghalangi sinar yang melewati mata, sehingga melemparkan suatu bayangan kecil pada retina anda.

• Peradangan pada bagian belakang mata. Uveitis posterior adalah peradangan pada lapisan Uvea di belakang mata. Uveitis posterior, yang dapat menyebabkan eye floaters, mungkin disebabkan oleh infeksi atau penyakit inflamasi.

• Pendarahan pada mata. Pendarahan vitreous adalah pendarahan pada vitreous mata –bagian mata yang berbentuk seperti jelly. Pendarahan pada mata dapat memiliki banyak penyebab, termasuk cedera dan masalah pembuluh darah.

• Retina yang robek. Robekan retina dapat terjadi ketika vitreous yang mengendur menarik/merenggut retina dengan tarikan yang kuat hingga membuat retina menjadi robek. Robekan retina dapat menyebabkan floaters baru muncul dalam visi anda. Tanpa pengobatan, robekan retina dapat menyebabkan detasemen (ablasi) retina – yakni akumulasi cairan di belakang retina yang menyebabkan retina  memisahkan  diri dari bagian belakang mata anda. Ablasi retina yang tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko floaters meliputi:

• Usia di atas 50 tahun

• Rabun jauh

• Trauma mata

• Komplikasi dari operasi katarak

• Retinopati diabetes

• Peradangan pada mata

Kapan Harus ke Dokter ?

Hubungi seorang spesialis mata segera jika anda melihat:

• Eye floaters yang lebih banyak dari biasanya

• Sebuah kemunculan floaters baru

• Kilatan cahaya

• Kegelapan pada sisi penglihatan anda (kehilangan penglihatan perifer)

Gejala ini dapat disebabkan oleh robekan retina, dengan atau tanpa lepasnya retina – kondisi serius pada penglihatan yang membutuhkan perhatian segera.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Kebanyakan kasus eye floaters tidak memerlukan pengobatan

Dalam kebanyakan kasus, eye floaters tidak memerlukan pengobatan. Belajar untuk mengatasi floaters anda mungkin akan memerlukan waktu. Hidup dengan eye floaters mungkin juga membuat anda cukup frustasi. Seiring waktu, anda mungkin akhirnya dapat mengabaikan floaters lebih ini hingga akhirnya anda jarang melihat kemunculan floaters.

Pengobatan untuk floaters yang mengganggu penglihatan

Dalam kasus yang jarang terjadi, floaters dapat mengganggu penglihatan anda. Meskipun jarang, floaters mungkin berbentuk besar atau berjumlah sangat banyak sehingga sulit untuk melaksanakan tugas-tugas harian anda. Dalam situasi ini, anda dan dokter mata anda dapat mempertimbangkan pengobatan untuk floaters mata.

Pilihan pengobatan mungkin termasuk:

• Menggunakan laser untuk menghilangkan floaters. Ketika terapi laser dilakukan, dokter mata akan mengarahkan laser khusus kepada floaters di vitreous mata. Laser dapat memecah floaters dan membuat mereka kurang terlihat. Beberapa orang yang menjalani terapi laser untuk floaters mereka melaporkan adanya penglihatan visi, sementara ada pula yang melaporkan sedikitnya perubahan pada mata mereka atau tidak ada perubahan sama sekali. Risiko dari terapi laser antara lain kerusakan pada retina anda yang mungkin terjadi jika laser mengarah ke area mata yang salah. Operasi laser untuk mengobati floaters dianggap sebagai eksperimental dan tidak banyak digunakan.

• Menggunakan pembedahan untuk mengangkat vitreous. Selama prosedur vitrectomy, dokter mata akan membuat sayatan kecil pada mata anda dan menghilangkan vitreous. Sebuah larutan (solusi) ditempatkan di mata untuk membantu mempertahankan bentuknya. Akhirnya, tubuh anda akan memproduksi dan mengisi mata dengan cairan yang akan menggantikan solusi tersebut. Vitrectomy mungkin tidak dapat menghapus semua floaters dalam visi anda, selain itu, floaters baru mungkin saja muncul setelah operasi. Risiko vitrectomy antara lain perdarahan dan robekan retina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *