Faktor-faktor Selain Penyakit dan Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Terkena Stroke

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kepala > Faktor-faktor Selain Penyakit dan Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Terkena Stroke

Anda tidak mungkin mengubah faktor risiko terkena stroke ini. Namun, dengan menyadari bahwa Anda memiliki risiko terkena stroke, ini dapat mendorong Anda mengubah gaya hidup guna mengurangi risiko tadi. Faktor-faktor itu adalah:

  • Riwayat keluarga: Risiko Anda semakin besar apabila orang tua, saudara laki-laki atau perempuan Anda pernah mengalami stroke atau serangan transien iskemik. Tidak jelas, apakah meningkatnya risiko itu karena genetik atau akibat gaya hidup keluarga.
  • Usia: Umumnya risiko stroke meningkat dengan bertambahnya usia.
  • Seks: Sampai usia 55 tahun, risiko terkena stroke pada pria lebih tinggi daripada wanita. Namun, setelah usia 55, ketika kadar estrogen menurun karena menopause, maka risiko seorang wanita sama tingginya dengan pria.
  • Ras: Orang kulit hitam mempunyai kecenderungan lebih besar terkena stroke daripada kelompok warna kulit lain. Salah satu tingginya kemungkinan itu disebabkan karena lebih besarnya risiko tekanan darah tinggi dan kencing manis pada orang kulit hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *