Faktor-faktor Penyebab Obesitas

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Obesitas > Faktor-faktor Penyebab Obesitas

Ada berbagai macam faktor yang berperan dalam obesitas. Hal ini yang menjadikannya kompleks. Faktor perilaku, lingkungan, dan genetik dapat berperan dalam menimbulkan overweight dan obesitas.

Lingkungan

Ketika seseorang membuat suatu keputusan, dapat dipengaruhi oleh lingkungan atau komunitasnya. Sebagai contoh, seseorang bisa saja memilih untuk tidak jalan kaki ke toko atau tempat kerja karena tidak tersedianya trotoar. Suasana komunitas, rumah, sekolah, fasilitas kesehatan, dan tempat kerja dapat mempengaruhi keputusan kesehatan se- seorang. Oleh karena itu, penting untuk membuat suatu lingkungan yang dapat membuat seseorang mudah terlibat dalam aktivitas fisik dan makan makanan yang sehat.

Genetik

Gen dapat secara langsung menyebabkan obesitas pada kelainan-kelainan, seperti sindrom Bardet-Biedl dan sindrom Prader-Willi. Namun, gen tidak selalu dapat memprediksi kesehatan di kemudian hari. Gen dan perilaku dapat berperan dalam menyebabkan overweight. Pada beberapa kasus, berbagai gen dapat meningkatkan kerentanan terhadap obesitas ditambah lagi dengan melimpahnya pasokan makanan atau rendahnya aktivitas fisik.

Penyakit dan Obat-obatan

Beberapa penyakit dapat bermuara kepada obesitas atau peningkatan berat badan, termasuk penyakit Cushing dan polycystic ovary syndrome. Obat-obatan seperti steroid dan beberapa antidepresan dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *