Fakta Dibalik Tangan dan Kaki Yang sering Dingin

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Fakta Dibalik Tangan dan Kaki Yang sering Dingin

Fakta Dibalik Tangan dan Kaki Yang sering Dingin
tangan | foto:tribun news
Apakah anda pernah mengalami rasa dingin yang hanya terjadi pada kaki dan tangan? Menurut beberapa pendapat orang bahwa rasa dingin tersebut merupakan tanda sebuah penyakit yang ada pada tubuh kita. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai fakta dibalik tangan dan kaki yang sering dingin.
Dilansir health liputan 6, asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, MD mengatakan bahwa kondisi dinginnya tangan dan kaki ini disebut juga vasokonstriksi yang biasanya dipicu oleh perubahan suhu.
“Ketika Anda berada pada suhu yang nyaman, darah yang kaya oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh. Tapi pada kondisi atau suhu tertentu, reseptor sensorik di kulit Anda akan memberi sinyal ke otak untuk menyempitkan pembuluh darah (vasokonstriksi),” kata Roshini, seperti dikutip Health.
Lebih lanjut, Roshini menambahkan bahwa kondisi ini lebih sering dialami kaum hawa karena fluktuasi tersebut terkait dengan hormon estrogen yang dinilai memainkan peran besar dalam mengatur suhu.
Namun perlu diperhatikan bahwa apabila sensitivitas dingin terasa membuat kaku jari tangan dan kaki, perubahan warna kulit pada hidung dan telinga atau mati rasa, maka hal ini perlu diwaspadai karena merupakan ciri dari penyakit Raynaud.
Roshini melanjutkan jika tidak terjadi gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, bisa jadi tangan yang dingin mungkin merupakan gejala dari kondisi lain, seperti hipotiroidisme, lupus, atau diabetes, atau rendahnya tingkat zat besi atau defisiensi vitamin B12.

Bagi mereka yang sering mengalami hal ini, sebaiknya segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *