Diabetes di Usia Muda dan Hubungannya dengan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Diabetes di Usia Muda dan Hubungannya dengan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia menemukan beberapa hal mengejutkan yang berhubungan dengan diabetes diusia muda dan kaitannya dengan penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Hasil penelitian itu mengungkapkan bahwa di Amerika Serikat, orang berusia muda yang dideteksi menderita diabetes ternyata berhubungan juga dengan risiko penyakit kardiometabolik. Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa di Amerika Serikat terdapat 208 ribu orang berusia dibawah 20 tahun didignosa menderita diabetes.

Pada orang berusia muda yang terdeteksi diabetes, biasanya juga mengalami obesitas, kolesterol tinggi, dan penurunan kadar gula darah dengan cepat. Profesor Dianna Magliano dan Jonathan Shaw dari Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, mencoba mencari tahu hubungan antara usia muda terdiagnosis diabetes dengan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Kedua peneliti tersebut menganalisa data dari 743.709 orang di Australia yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 antara tahun 1997 hingga 2011. Data tersebut terdaftar di Australia’s National Diabetes Services Scheme dan peneliti meneliti kasus-kasus kematian yang kemungkinan berhubungan dengan usia muda terdiagnosis diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Hasilnya ternyata rata-rata orang-orang itu terdiagnosis diabetes pada usia 59 tahun dan total kematian 115.363 orang. Peneliti kemudian mencoba mengambil kesimpulan mengenai penemuan itu.

Pada orang yang terdiagnosis diabetes tipe 2 di usia muda akan memiliki durasi penyakit yang lebih lama sehingga risiko kematiannya lebih tinggi yang utamanya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Lebih rinci lagi mereka menyimpulkan bahwa pada orang yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 pada 10 tahun lebih awal sekira 20 sampai 30 persen meninggal karena diabetesnya dan 60 persennya meninggal karena penyakit jantung. Hal itu terjadi sama, baik pada pria maupun wanita. Yang mengejutkan adalah kematian akibat kanker justru lebih rendah.

Pada orang muda yang terdiagnosis diabetes akan mengalami perkembangan penyakit sering dengan bertambahnya usia dan mengalami perkembangan komplikasi penyakit yang lebih agresif. Oleh sebab itu, penanganan diabetes pada orang berusia muda harus lebih intensif. Itu bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi dan komorbiditas penyakit. Hal yang bisa dilakukan seperti melakukan perubahan pola hidup, pengobatan, perawatan intensif, dan sebagainya. Perlu diwaspadai juga kemungkinan munculnya kanker yang tidak terdiagnosis.


Sumber:

Earlier diabetes diagnosis linked to heart disease, stroke. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321025.php. Diakses 26 Februari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *