Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SKIZOFRENIA

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kepala > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SKIZOFRENIA

Hingga hari ini penyebab skizofrenia belum diketahui. Meski demikian, faktor genetik berperan penting dalam penyakit ini. Seseorang punya kecenderungan skizofrenia jika dalam keluarganya memiliki riwayat skizofrenia. Skizofrenia ditunjukan dengan gangguan dasar kepribadian, distorsi kahas proses berpikir, kadang-kadang merasa dirinya sedang dikendalikan kekuatan di luar dirinya tetapi kapasitas intelektualnya normal.

PENYEBAB

Hingga hari ini penyebab skizofrenia belum diketahui. Meski demikian, faktor genetik berperan penting dalam penyakit ini.

GEJALA

Skizofrenia memiliki gejala-gejala yang tegas antara lain; isi pikirannya sendiri yang berulang dalam kepalanya dan isi pikiran ulangan, walaupun isinya sama tapi kualitasnya berbeda. Waham dirinya dikuasai kekuatan di luar dirinya, suara halusinasi yang berkomentar secara terus menerus terhadap perilaku pasien, waham (keyakinan yang salah dan kuat dipertahankan walaupun tidak diyakini oleh orang lain dan bertentangan dengan realitas) perilaku di luar kewajaran masyarakat.

PENGOBATAN

Kesabaran dan perhatian yang tepat sangat diperlukan oleh penderita skizofrenia. Keluarga perlu mendukung serta memotivasi penderita untuk sembuh. Penderita skizofrenia memerlukan perhatian dan empati, namun keluarga perlu menghindari reaksi yang berlebihan seperti sikap terlalu mengkritik, terlalu memanjakan dan terlalu mengontrol yang justru bisa menyulitkan penyembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *