Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SCHIZOTYPAL

Schizotypal adalah gangguan kepribadian yang membuat seseorang cenderung menjadi penyendiri. Penderitanya sangat cemas terhadap situasi sosial dan cenderung menyalahkan kegagalan sosialnya kepada orang lain. Penderita Schizotypal memandang dirinya sendiri sebagai orang asing atau orang buangan, dan isolasi ini menyebabkan rasa sakit hati karena menghindari hubungan dengan dunia luar.
Orang dengan kepribadian schizotypal bisa mengoceh aneh dan tanpa henti selama percakapan. Dirinya mungkin berpakaian dengan cara yang aneh dan memiliki cara yang sangat aneh melihat dunia di sekitarnya.
PENYEBAB
Pada masa remaja, tanda-tanda kepribadian schizotypal mungkin disebabkan karena meningkatnya minat dalam kegiatan soliter atau tingkat tinggi kecemasan sosial.
GEJALA
Gejala gangguan kepribadian schizotypal meliputi:
  1. Salah menginterpretasi peristiwa, termasuk perasaan bahwa peristiwa eksternal memiliki makna pribadi
  2. Berpikir, keyakinan atau perilaku aneh
  3. Kepercayaan pada kekuasaan khusus, seperti telepati
  4. Perubahan persepsi
  5. Emosi datar atau respon emosional yang tidak pantas
  6. Kurangnya teman dekat di luar keluarga dekat
  7. Gigih dan kecemasan sosial yang berlebihan
PENGOBATAN
Pengobatan untuk gangguan kepribadian schizotypal sering kali menggunakan kombinasi obat-obatan dan satu atau lebih jenis terapi:
1. Obat-obatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk gangguan kepribadian schizotypal. Namun, dokter mungkin meresepkan obat antidepresan atau antipsikotik untuk membantu meringankan kondisi terkait, seperti kecemasan, depresi atau gangguan mood lainnya. Misalnya, obat resep seperti risperidone (Risperdal) dan olanzapine (Zyprexa) dapat membantu mengurangi pemikiran menyimpang.
2. Psikoterapi
Membangun hubungan saling percaya dengan terapis dapat membantu orang dengan gangguan kepribadian schizotypal mulai mempercayai hubungan interpersonal lainnya.
3. Terapi perilaku
Orang dengan kepribadian schizotypal seringkali perlu mempelajari keterampilan sosial dan perilaku yang spesifik.
4. Terapi kognitif
Jenis terapi ini dapat membantu orang dengan gangguan kepribadian schizotypal mengidentifikasi dan mengubah pola pikir terdistorsi. Sebagai contoh, jenis terapi dapat membantu orang dengan gangguan kepribadian schizotypal mengungkap ide tentang apa yang terjadi.
5. Terapi keluarga
Pengobatan dapat lebih efektif jika anggota keluarga terlibat. Mencari konseling profesional sebagai kelompok dapat membantu mengurangi atau pertempuran jarak emosional di rumah. Terapi keluarga juga dapat menawarkan orang yang terkena struktur dukungan dan dorongan dalam semangat.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: