Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan ROSEOLA

Roseola adalah infeksi ringan yang menyerang anak-anak usia 2 tahun. Namun terkadang Roseola juga menyerang orang dewasa. Roseola sangat umum, karena hampir sebagaian besar anak pernah mengalaminya.

PENYEBAB

Penyebab roseola paling umum adalah virus herpes manusia (HHV6), tetapi juga dapat menyebabkan virus herpes lain – virus herpes manusia 7 (HHV7). Virus herpes ini berkaitan dengan orang-orang yang menyebabkan herpes genital.

GEJALA

Jika anak kontak dengan penderita roseola dan terinfeksi virus, biasanya memakan waktu seminggu atau dua tanda-tanda dan gejala infeksi muncul – jika mereka muncul sama sekali. Ada kemungkinan untuk menjadi terinfeksi roseola, tetapi tanda-tanda dan gejala terlalu ringan untuk menjadi mudah terlihat.

Gejala roseola dapat mencakup:

  • Demam
    Roseola biasanya dimulai dengan tiba-tiba, demam tinggi – sering kali lebih besar dari 103 F (39,4 C). Anak bisa juga mengalami sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan demam. Demam berlangsung selama tiga sampai tujuh hari.
  • Ruam
    Setelah demam mereda, ruam biasanya muncul – tetapi tidak selalu. Ruam terdiri dari bintik-bintik kecil berwarna merah muda kecil. Bintik-bintik ini umumnya datar, tapi beberapa dapat dinaikkan. Mungkin ada cincin putih di beberapa tempat. Ruam biasanya dimulai pada dada, punggung dan perut dan kemudian menyebar ke leher dan lengan. Ini mungkin atau mungkin tidak akan mencapai kaki dan wajah. Ruam, yang tidak gatal atau tidak nyaman, dapat berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari sebelum memudar.

Tanda-tanda dan gejala roseola dapat mencakup:

  • Kelelahan
  • Pada bayi dan anak-anak
  • Diare ringan
  • Penurunan nafsu makan
  • Mata bengkak

PENGOBATAN

Kebanyakan anak sembuh dari roseola dalam waktu seminggu dari awal demam. Meski bisa diobati, setiap jenis pengobatan dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: