Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan PERICHONDRITIS

Perichondritis adalah infeksi kulit yang mengelilingi dan menutupi tulang rawan, jaringan tebal yang membentuk hidung atau telinga. Perichondritis paling sering mempengaruhi telinga eksternal. Semua tulang rawan memiliki lapisan tipis yang disebut Perichondrium. Perichondrium membantu memberikan nutrisi ke tulang rawan. Bakteri yang paling umum yang menyebabkan infeksi perichondritis adalah Pseudomonas aeruginosa.

PENYEBAB

Perichondritis biasanya disebabkan oleh cedera pada telinga karena operasi, telinga menusuk (terutama menusuk dari tulang rawan), atau olahraga. Selain itu tindik telinga di tulang rawan menjadi salah satu faktor risiko paling signifikan. Perichondritis dapat menyebabkan kerusakan parah pada struktur telinga jika berkembang menjadi chondritis, infeksi umum tulang rawan.

GEJALA

Rasa sakit dan telinga adalah gejala yang paling umum. Pada infeksi pertama akan terlihat seperti selulitis (infeksi kulit), tapi dengan cepat semakin buruk dan melibatkan perichondrium. Kemerahan biasanya mengelilingi daerah yang cedera.

PENGOBATAN

Pengobatan terdiri dari antibiotik, baik melalui mulut atau langsung ke dalam aliran darah melalui infus intravena (IV). Jika ada nanah, kemungkinan dokter akan melakukan pembedahan.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: