Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan ONCHOCERCIASIS

Onchocerciasis adalah infeksi cacing gelang Onchocerca volvulus.

PENYEBAB

Infeksi ini ditularkan melalui gigitan blackflies (lalat hitam dari keluarga Simuliidae yang hidup di sungai). Lalat tersebut menggigit orang yang terinfeksi dan membawa prelarva cacing yang disebut microfilarie. Dalam tubuh manusia, prelarva kemudian berkembang menjadi cacing dewasa.

Setelah kawin, cacing betina dewasa dapat melepaskan mikrofilaria sampai dengan 1000 telur sehari. Cacing ini bergerak dalam tubuh dan ketika mereka mati menyebabkan berbagai kondisi, termasuk kebutaan, ruam kulit, luka, gatal dan penyakit kulit lain.

GEJALA

Gejala-gejala terjadi ketika cacing mati. Kematian mereka bisa menyebabkan rasa gatal. Selain itu akan muncul ruam kemerahan dan akhirnya kulit menebal, kasar dan berkerut.

PENGOBATAN

Di sejumlah negara, onchocerciasis telah dikendalikan melalui penyemprotan dengan insektisida. Selain itu, tujuan pengobatan adalalah mengurangi gejala dan mengurangi penyebaran lebih lanjut dengan ivermectin diberikan sebagai dosis tunggal melalui mulut dan diulang setiap 6 sampai 12 bulan sampai gejala hilang.

Artikel Lain Tentang Penyakit , :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: