Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MYELOMENINGOCELE

Myelomeningocele (juga disebut meningomyelocele) adalah anomali kompleks tulang belakang yang menyebabkan berbagai kerusakan saraf tulang belakang, atau myelodysplasia. Hal ini biasanya disebut sebagai spina bifida dan dikategorikan sebagai cacat tabung saraf (yaitu, struktur embrio yang berkembang menjadi tulang belakang dan otak). Penderita myelomeningocele mengalami kondisi yang ekstrem seperti kelumpuhan dan hilangnya indera, disfungsi kandung kemih dan usus, dan disfungsi kognitif.

Myelomeningocele adalah salah satu cacat lahir yang paling umum dari sistem saraf pusat. Pada penyakit ini tulang belakang dan meninges (selaput yang menutupi sumsum tulang belakang) menonjol keluar dari punggung anak.

PENYEBAB

Penyebab pasti dari penyakit myelomeningocele tidak diketahui. Namun, rendahnya kadar asam folat dalam tubuh seorang wanita sebelum dan selama awal kehamilan diperkirakan dapat menjadi penyebab dalam jenis cacat lahir. Asam folat vitamin (atau asam folat) penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

GEJALA

Seorang bayi yang baru lahir mungkin memiliki kantung yang menonjol di punggung tengah. Kantung ini tidak tembus ketika disinari dari belakang.

Gejala lain termasuk:

Sebagian atau kelumpuhan kaki, Kelemahan dari pinggul, kaki, atau bisa juga terjadi pada kaki bayi yang baru lahir, sebagian atau lengkap kurangnya sensasi, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus.

PENGOBATAN

Perawatan diperlukan untuk mengurangi kerusakan neurologis dan komplikasi seperti infeksi, dan membantu keluarga mengatasi penyakit ini.  Operasi untuk memperbaiki cacat biasanya dianjurkan pada usia dini, meskipun hal itu dapat dilakukan kemudian untuk memungkinkan bayi untuk mentoleransi prosedur yang lebih baik. Sebelum operasi, bayi harus ditangani dengan hati-hati untuk mengurangi kerusakan pada sumsum tulang belakang yang terbuka. Ini mungkin termasuk posisi khusus, alat pelindung, dan perubahan dalam metode penanganan, makan, mandi, dan merawat bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *