Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MILK ALKALI SYNDROME

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MILK ALKALI SYNDROME

Milk-Alkali Syndrome adalah suatu kondisi dimana tubuh terlalu basa dan darah terlalu banyak mengandung kalsium yang mengakibatkan gangguan fungsi ginjal.

PENYEBAB

Milk-Alkali Syndrome disebabkan oleh konsumsi susu yang berlebihan (yang tinggi kalsium) dan larut alkali-seperti antasid, terutama kalsium karbonat atau natrium bikarbonat (baking soda) selama jangka waktu lama. Deposit kalsium dalam ginjal dan jaringan lain mungkin terjadi pada Milk-Alkali Syndrome. Kondisi ini diperparah oleh konsumsi vitamin D, yang sering ditambahkan ke susu yang dibeli di supermarket.

GEJALA

Kondisi ini sering asimtomatik (tidak menunjukkan gejala). Ketika gejala memang terjadi, mereka sering berhubungan dengan komplikasi, seperti ginjal. Ini termasuk: punggung dan pinggang sakit (berkaitan dengan batu ginjal), buang air kecil yang berlebihan, dan masalah lainnya yang dapat disebabkan oleh gagal ginjal.

PENGOBATAN

Pengobatan melibatkan mengurangi atau menghilangkan konsumsi susu dan antasid. Jika terjadi kegagalan ginjal, kerusakan mungkin tidak dapat diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *