Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan METASTATIS TUMOR OTAK

Metastatis Tumor Otak adalah salah satu jenis tumor yang bermula dari kanker di bagian tubuh lain. Tumor atau kanker yang menyerang ke otak biasanya dari kanker paru-paru, kanker payudara, melanoma, kanker ginjal, kanker kandung kemih, atau sarkoma tertentu. Beberapa sel kanker dibawa ke otak oleh darah atau cairan limfatik, atau dapat menyebar dari jaringan yang berdekatan. Tumor otak dapat langsung menghancurkan sel-sel otak. Situs di mana sel-sel kanker berasal disebut sebagai kanker utama. Metastasis tumor otak sering disebut sebagai otak luka atau metastasis. Metastasis tumor otak yang paling umum dari tumor otak.

PENYEBAB

Mestastis tumor otak dapat disebabkan oleh adanya penyebaran sel kanker atau tumor dari tumor lainnya. Misalnya kanker paru-paru (sebagai penyebab paling umum), kanker payudara, melanoma, kanker ginjal, kanker kandung kemih, sarkoma tertentu, dan tumor sel germinal testis. Beberapa kanker yang dapat menyebar ke otak namun jarang sekali terjadi, seperti kanker usus besar, atau sangat jarang, seperti kanker prostat. Mestastis tumor otak diklasifikasikan tergantung pada situs yang tepat dari tumor di otak, jenis jaringan yang terlibat, lokasi asli, dan faktor-faktor tumor dan lainnya.

GEJALA

  • Kejang
  • Sakit kepala
  • Perubahan perilaku dan kognitif
  • Kurangnya koordinasi

PENGOBATAN

Pengobatan tergantung pada ukuran dan jenis tumor, lokasi awal dari tumor, dan kesehatan umum dari orang. Tujuan perawatan dapat meredakan gejala, meningkatkan fungsi, atau kenyamanan.

Artikel Lain Tentang Penyakit , :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: