Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MASTOIDITIS

Mastoiditis adalah suat infeksi bakteri pada prosesus mastoideus (tulang yang menonjol di belakang telinga) atau proses peradangan mastoideus sel-sel udara dalam tulang temporal.

PENYEBAB

Penyebab penyakit ini biasanya terjadi jika otitis media akut yang tidak diobati secara tuntas menyebar dari telinga tengah ke tulang di sekitarnya, yaitu prosesus mastoideus. Bisa juga karena infeksi telinga tengah.

GEJALA

Biasanya gejala muncul dalam waktu 2 minggu atau lebih setelah otitis media akut, dimana penyebaran infeksi telah merusak bagian dalam dari prosesus mastoideus. Di dalam tulang juga bisa terbentuk abses (penimbunan nanah).

Kulit yang melapisi prosesus mastoideus menjadi merah, membengkak dan nyeri bila ditekan. Daun telinga terdorong ke samping dan ke bawah.

Gejala lainnya adalah demam, nyeri di sekitar dan di dalam telinga serta keluarnya cairan kental dari telinga. Nyeri cenderung menetap dan berdenyut.
Pembengkakan di belakang telinga, dapat menyebabkan telinga untuk tetap keluar.

PENGOBATAN

Infeksi diobati dengan antibiotik melalui suntikan, kemudian antibiotik melalui mulut. Jika pemberian antibiotik tidak berhasil mengatasi keadaan ini, dilakukan mastoidektomi (pengangkatan sebagian tulang dan pembuangan nanah).

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: