Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MANSET ROTATOR TENDINITIS

Manset Rotator Tendinitis adalah peradangan (iritasi dan pembengkakan) pada tendon di bahu. Sendi bahu yang berbentuk bola dan jenis soket bersama di mana bagian atas dari tulang lengan (humerus) membentuk gabungan dengan tulang belikat.

PENYEBAB

Peradangan pada tendon otot bahu dapat terjadi pada olahraga yang membutuhkan lengan untuk diayunkan berulang-ulang seperti pada tenis, baseball, berenang, dan angkat beban. Peradangan kronis atau cedera dapat menyebabkan tendon manset rotator robek. Faktor-faktor risikonya antara lain usia di atas 40 tahun atau melakukan olahraga atau latihan yang melibatkan gerakan lengan berulang-ulang seperti bisbol.

GEJALA

  • Rasa sakit yang terkait dengan gerakan lengan
  • Nyeri pada bahu pada malam hari, terutama ketika berbaring di bahu yang terkena
  • Kelemahan dengan mengangkat tangan di atas kepala, atau sakit saat  beraktifitas yang memungkinkan mengangkat tangan di atas kepala seperti menyisir rambut, meraih benda-benda di rak, dll.

PENGOBATAN

Perawatan dilakukan dengan mengistirahatkan bahu dan menghindari kegiatan yang menyebabkan rasa sakit. Terapi fisik untuk memperkuat otot-otot manset rotator penting untuk dilakukan. Jika rasa sakit tetap bertahan atau jika terapi ini tidak mungkin karena sakit parah, injeksi steroid dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Namun jika telah dipertahankan manset rotator robek, atau jika gejala masih berlangsung, walaupun terapi sudah dilakukan, operasi mungkin diperlukan. Operasi dapat memperbaiki peradangan di sekitar bahu.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: