Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan KLEPTOMANIA

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kejiwaan > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan KLEPTOMANIA

Kleptomania adalah dorongan tak tertahankan untuk mencuri item yang kadang bagi si penderita tidak benar-benar dibutuhkan–biasanya barang-barang remeh temeh. Kleptomania adalah gangguan kesehatan mental yang serius.

PENYEBAB

Penyebab kleptomania tidak diketahui. Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa kleptomania berkaitan dengan masalah kimia alami otak (neurotransmiter) yang disebut serotonin. Serotonin berfungsi membantu mengatur suasana hati dan emosi seseorang. Ada juga beberapa bukti bahwa kleptomania berhubungan dengan gangguan adiktif atau obsesif-kompulsif.

GEJALA

Gejala kleptomania mencakup:

  • Dorongan yang kuat dan mendesak untuk mencuri item yang tidak perlu
  • Bagi si penderita adrenalinnya terpacu saat melakukan pencurian.
  • Penderita merasa nikmat atau puas saat mencuri
  • Merasa bersalah atau malu setelah mencuri

PENGOBATAN

Perawatan kleptomania biasanya melibatkan obat-obatan dan psikoterapi. Namun, tidak ada perawatan standar untuk kleptomania, peneliti medis masih mencari pengobatan terbaik untuk gangguan

Hanya saja fakta menunjukkan banyak penderita kleptomania merahasiakan kelainan mereka, malu karena mereka takut untuk dirawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *