Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan INFEKSI NOROVIRUS

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Pencernaan > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan INFEKSI NOROVIRUS

Infeksi norovirus dapat menyebabkan diare berat dan muntah. Noroviruses adalah penyebab utama dari penyakit gastrointestinal pada lingkungan tertutup dan penuh sesak, seperti rumah sakit, panti jompo, dan kapal pesiar. Biasanya, orang dengan infeksi norovirus mengembangkan diare dan sakit perut dan mulai muntah dalam waktu 24-48 jam paparan.

Gejala norovirus dapat berlangsung beberapa hari, tetapi kebanyakan orang sembuh sepenuhnya tanpa pengobatan. Namun pada beberapa orang, terutama bayi, orang dewasa, dan orang dengan penyakit yang mendasari, muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi dan memerlukan perhatian medis. Infeksi norovirus sangat menular. Noroviruses umumnya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi oleh kotoran. Infeksi norovirus juga bisa ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, misalnya jika tinggal di sebuah panti jompo.

PENYEBAB

Noroviruses sangat menular melalui tinja manusia dan hewan yang terinfeksi. Tiram, salad dan raspberry dapat menjadi makanan yang bertanggung jawab untuk terjadinya wabah. Orang yang terinfeksi dapat mentransfer virus ke setiap produk makanan sesaat sebelum disajikan. Metode transmisi meliputi:

  1. Makan makanan yang terkontaminasi
  2. Minum air yang terkontaminasi
  3. Menyentuhkan tangan ke mulut setelah tangan melakukan kontak dengan permukaan atau benda yang terkontaminasi Noroviruses sulit untuk diberantas, karena virus tersebut dapat tahan pada suhu panas dan dingin, serta desinfektan.

GEJALA

Tanda dan gejala infeksi norovirus meliputi:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Nyeri perut
  4. Perut kram
  5. Diare
  6. Penurunan berat badan
  7. Rasa tidak enak
  8. Demam ringan Masa inkubasi untuk infeksi norovirus biasanya 24-48 jam setelah paparan pertama terhadap virus. Tanda dan gejala biasanya berlangsung 1-3 hari. Beberapa orang dengan infeksi norovirus mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala. Namun, orang tersebut masih dapat menularkan norovirus dan tanpa disadari mungkin menyebarkan virus ke orang lain.

PENGOBATAN

Tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi norovirus, dan pemulihan umumnya tergantung pada kesehatan sistem kekebalan tubuh. Pada kebanyakan, penyakit biasanya sembuh dalam beberapa hari. Faktor utama adalah untuk menggantikan cairan yang hilang. Jika tidak minum cukup cairan untuk mencegah dehidrasi, mungkin harus menerima cairan intravena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *