Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan INFEKSI CACING KREMI

Cacing gelang adalah parasit yang menggunakan tubuh sebagai medium untuk tetap hidup dan bereproduksi. Di dalam tubuh, telur cacing kremi menetas dan tumbuh menjadi dewasa, berukuran 0,2-0,4 inci (5 hingga 10 milimeter). Cacing dewasa dalam usus kemudian menjalar melalui sistem pencernaan untuk meletakkan telur di daerah anus. Infeksi cacing kremi tidak menunjukkan gejala atau hanya menyebabkan masalah pencernaan ringan. Tapi jika seseorang terinfeksi ratusan cacing, gejala lebih serius dan kemungkinan terjadi komplikasi.

Cacing kremi atau Oxyuris vermicularis merupakan cacing parasit yang banyak menginfeksi anak-anak maupun dewasa dan ditandai dengan gejala khas berupa rasa gatal di sekitar anus. Cacing dewasa dalam jumlah banyak kadang-kadang bisa ditemukan pada feses atau tinja orang yang terinfeksi.

PENYEBAB

Penyebab utama infeksi cacing kremi adalah kebersihan yang buruk.

GEJALA

Infeksi cacing kremi ringan–dengan hanya sejumlah kecil cacing dewasa dalam tubuh–tidak ada gejala. Gejala-gejala muncul dengan moderat atau infeksi berat. Beberapa minggu setelah menelan telur cacing kremi, cacing betina dewasa bermigrasi dari usus ke daerah sekitar anus, di mana mereka bertelur. Migrasi biasanya terjadi pada malam hari. Migrasi ini menyebabkan:

  • Gatal-gatal di daerah anal atau vaginal
  • Insomnia, lekas marah dan gelisah
  • Gejala saluran pencernaan yang samar-samar, seperti sebentar-sebentar sakit
  • perut dan mual

PENGOBATAN

Infeksi keremi ringan atau mereka yang tanpa gejala tidak membutuhkan pengobatan. Jika seseorang memiliki gejala, perlu obat anti-parasit. Untuk gejala infeksi, obat-obatan hampir selalu efektif dalam menghilangkan parasit. Karena anak-anak begitu mudah menyebar cacing kremi kepada keluarga mereka, dokter akan meresepkan obat untuk seluruh anggota keluarga mencegah agar terhindar dari infeksi dan reinfeksi.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: