Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan HIPERPARATIROIDISME

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan HIPERPARATIROIDISME

Hiperparatiroidisme adalah kelebihan hormon paratiroid dalam aliran darah akibat aktivitas yang berlebihan dari satu atau lebih dari empat kelenjar paratiroid tubuh. Kelenjar paratiroid berukuran sekecil beras dan terletak di leher Anda. Kelenjar paratiroid memproduksi hormon paratiroid, yang membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam aliran darah dan pada jaringan yang fungsinya bergantung pada kalsium.

PENYEBAB

Hiperparatiroidisme disebabkan oleh faktor yang meningkatkan produksi hormon paratiroid. Gangguan tersebut secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya. Hiperparatiroidisme dapat terjadi karena masalah dengan kelenjar paratiroid sendiri (hiperparatiroidisme primer) atau karena penyakit lain yang mempengaruhi fungsi kelenjar (hiperparatiroidisme sekunder).

1. Hiperparatiroidisme primer Hiperparatiroidisme primer terjadi karena beberapa masalah dengan salah satu atau lebih dari empat kelenjar paratiroid, antara lain:

2. Hiperparatiroidisme sekunder Hiperparatiroidisme sekunder adalah hasil dari kondisi lain yang menurunkan kadar kalsium. Oleh karena itu, kelenjar paratiroid Anda bekerja terlalu keras untuk mengkompensasi hilangnya kalsium. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hiperparatiroidisme sekunder meliputi kurangnya kalsium yang parah, kekurangan vitamin D yang parah dan gagal ginjal kronis.

GEJALA

Hiperparatiroidisme sering didiagnosis sebelum tAnda-tAnda atau gejala dari gangguannya jelas. Gejala mungkin sangat ringan dan tidak spesifik, termasuk:

1. Tulang rapuh atau mudah patah (osteoporosis)

2. Batu ginjal

3. Buang air kecil yang berlebihan

4. Nyeri perut

5. Mudah lelah atau kelemahan

6. Depresi atau kelupaan

7. Nyeri tulang dan nyeri sendi

8. Mual, muntah atau hilangnya nafsu makan

PENGOBATAN

Pengobatan Pengobatan dapat dilakukan dengan cara operasi penghapusan kelenjar paratiroid yang membesar, pengobatan dengan obat calcimimetics, bifosfonat dan terapi hormon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *