Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan GANGGUAN AFEKTIF

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kejiwaan > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan GANGGUAN AFEKTIF

Gangguan afektif merupakan gangguan perasaan. Biasanya ke arah depresi atau bahkan ke arah elasi suasana perasaan meningkat.

 

PENYEBAB

Penyebabnya merupakan interkasi antara faktor genetik, biologis dan psikososial.

GEJALA

Gejala utama dari gangguan ini adalah adanya perubahan suasana perasaan.

Seseorang yang mengalami depresi biasanya ditunjukkan dengan beberapa contoh sebagai berikut: kehilangan minat, menurunnya aktivitas, konsentrasi berkurang, kepercayaan diri berkurang, gagasan tentang rasa bersalah, pesimistik, timbul gagasan untuk bunuh diri, tidur tidak nyenyak, dan nafsu makan berkurang.

Disebut depresi ringan jika sekurang-kurangnya ada 5 gejala pada pasien. Jika ada 6 gejala depresi ditemukan pada pasien, maka dia sedang mengalami depresi sedang. Selanjutnya, jika pasien mengalami 7 gejala tanpa gejala psikotik, pasien itu sedang depresi berat tanpa gejala psikotik. Yang paling akut jika pasien mengalami kesemua gejala depresi dan seringkali disertai waham (pikiran yang keliru tetapi dianggap benar oleh pasien).

 

PENGOBATAN

Pasien yang mengalami depresi harus diberikan perawatan dengan menjaga keamanan pasien, pemeriksaan diagnostik, menurunkan stresor pasien. Hasil maksimal diperoleh jika pasien mendapatkan perawatan beruma farmakoterapi dan psikoterapi.