Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan CONDILOMA ACUMINATA

Kutil Kelamin, juga dikenal sebagai Genital warts atau Condiloma acuminata, adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling umum. Seperti namanya, genital warts mempengaruhi jaringan lembab di daerah genital. Kutil Kelamin terlihat keci atau kelihatan seperti kembang kol. Meski sangat kecil, Genital wartsdapat berkembang biak dalam kelompok besar.

PENYEBAB

Pada wanita, genital warts dapat tumbuh di vulva, dinding vag1n4, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, dan leher rahim. Pada pria, kutil kelamin dapat terjadi di ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Genital warts juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang kemungkinan melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi.

GEJALA

Tanda-tanda dan gejala genital warts meliputi:

  • Area kecil berwarna abu-abu yang bengkak di sekitar genital
  • Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai kembang kol
  • Gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital
  • Perdarahan saat bersetubuh

Sering kali, kutil kelamin tidak memiliki gejala. Hal ini disebabkan kutil tumbuh sangat kecil dan datar sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

PENGOBATAN

Meskipun kutil kelamin dapat diobati dengan obat-obatan dan operasi, penyakit ini adalah masalah kesehatan yang serius. Virus yang menyebabkan genital warts – human papillomavirus (HPV) – berkaitan dengan kanker serviks. Virus ini juga berkaitan dengan kanker kelamin.

Artikel Lain Tentang Penyakit , , :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: