Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan BRUCELLOSIS

Brucellosis adalah penyakit menular yang menyebar dari hewan ke orang. Kebanyakan melalui produk keju, susu dan produk susu lainnya yang tidak dpasteurisasi. Bakteri yang menyebabkan brucellosis juga dapat menyebar melalui udara atau melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Hindari produk susu yang tidak dipasteurisasi dan mengambil tindakan pencegahan ketika berinteraksi dengan binatang untuk membantu mencegah brucellosis.

PENYEBAB

Brucellosis disebabkan penularan bakteri penyakit dari hewan ke manusia. Hewan seperti sapi, kambing, domba, babi, anjing, unta, babi hutan dan rusa, sangat rentan terhadap penyakit. Bakteri menyebar dari hewan ke manusia melalui 3 cara utama:

  1. Konsumsi produk susu. Bakteri brucella pada susu hewan yang terinfeksi dapat menyebar ke manusia melalui produk seperti es krim, susu, dan keju yang tidak dipasteurisasi. Bakteri juga dapat ditularkan pada daging mentah atau setengah matang dari binatang yang terinfeksi.
  2. Inhalasi. Bakteri brucella menyebar dengan mudah di udara. Petani, teknisi laboratorium dan pekerja rumah potong dapat menghirup bakteri ini melalui udara pernapasan,
  3. Kontak langsung. Bakteri dalam air mani, darah atau plasenta dari hewan yang terinfeksi dapat memasuki aliran darah karena kontak normal dengan hewan seperti menyentuh, menggosok atau bermain dengan hewan.

GEJALA

Gejala brucellosis dapat muncul kapan saja dari beberapa hari sampai beberapa bulan setelah Anda terinfeksi. Tanda dan gejalanya mirip dengan flu biasa, antara lain:

  1. Demam
  2. Panas dingin
  3. Berkeringat
  4. Kelemahan
  5. Kelelahan
  6. Nyeri otot punggung
  7. Sakit kepala Gejala brucellosis dapat menghilang selama beberapa minggu atau bulan dan kemudian kambuh kembali. Pada beberapa orang, brucellosis akan menjadi kronis, dengan gejala yang bertahan selama bertahun-tahun, bahkan setelah pengobatan.

PENGOBATAN

Brucellosis sulit untuk diidentifikasi, terutama pada tahap awal karena gejalanya menyerupai flu. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter jika Anda mengalami demam yang terus meningkat, nyeri otot atau kelemahan yang tidak biasa. Pengobatan untuk brucellosis bertujuan untuk mengurangi gejala, mencegah kambuhnya penyakit dan menghindari komplikasi. Anda harus minum antibiotik selama sedikitnya enam minggu, dan gejala yang Anda alami mungkin akan bertahan hingga beberapa bulan. Penyakit ini juga dapat kambuh dan menjadi kronis.

Post Author: admin