Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan BINTIK HITAM PADA KULIT

Definisi

Bintik-bintik hitam pada kulit merupakan fenomena umum pada orang berusia lanjut. Meskipun bintik tersebut terjadi pada orang dengan usia lebih dari 40 tahun, bintik juga dapat mempengaruhi orang-orang muda. Bintik tersebut bervariasi dalam ukuran dan biasanya muncul pada wajah, tangan, bahu dan lengan–daerah yang paling mudah terkena sinar matahari.

Bintik-bintik penuaan sejati tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan, tetapi mereka dapat terlihat seperti pertumbuhan kanker. Untuk alasan kosmetik, bintik-bintik penuaan dapat diringankan dengan produk pemutih kulit atau dihilangkan. Menghindari sinar matahari dan menggunakan tabir surya merupakan cara termudah untuk menjaga penampilan kulit tetap muda dan untuk menghindari bintik-bintik kulit.

Penyebab

Cahaya ultraviolet mempercepat produksi melanin. Melanin merupakan pigmen gelap di epidermis kulit Anda yang memberikan warna normal. Ekstra melanin – dibuat untuk melindungi lapisan dalam kulit–menciptakan warna yang lebih cokelat gelap. Umur bintik-bintik berkembang ketika melanin tambahan “mengelompok” atau dihasilkan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi bintik-bintik gelap. Bintik-bintik tersebut biasanya berkembang sangat lambat dari waktu ke waktu.

Selain sinar matahari, usia sangat berpengaruh terhadap pembentukan bintik-bintik tersebut. Genetika juga berperan dalam mempengaruhi perkembangan bintik-bintik.

Gejala

Terdapat bintik coklat, hitam, atau abu-abu. Tanda-tanda lain termasuk kerutan, kulit kasar.

Pengobatan

Tujuan perawatan adalah meringankan gejala atau menghapusnya. Beberapa cara perawatan termsuk menggunakan obat-obatan, terapi laser, pembekuan (cryotherapy) dan dermabrasi (pengamplasan kulit).

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: