Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan AORTA ABDOMINALIS

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Pencernaan > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan AORTA ABDOMINALIS

Pada penyakit ini terjadi penggelembungan di aorta yang melewati perut. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit keturunan.

PENYEBAB

Penyebabnya adalah infeksi, kelainan bawaan pada jaringan ikat yang membentuk dinding arteri, selain adanya trauma. Pada anak-anak biasanya diakibatkan cedera tumpul pada perut atau akibat sindrom marfan (kelainan yang mengenai jaringan ikat. Biasanya ditandai dengan langit-langit lidah yang tinggi dan organ tubuh yang menjadi lebih panjang). Aneurisma yang besarnya sampai dengan 5 cm, sangat mungkin akan pecah. Pecahnya gelembung ini bisa menyebabkan pendarahan hebat dalam rongga perut.

GEJALA

Gejala yang ditimbulkan biasanya rasa nyeri dan ada denyutan di perut. Nyeri ini rasanya menusuk sampai punggung dan biasanya menetap. Pada pendarahan yang berat, orang tersebut bisa sampai syok.

PENGOBATAN

Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan. Risiko lain bila aneurisma aorta abdominalis ini sampai pecah adalah terjadinya gangguan pada ginjal. Bila dibiarkan saja atau tidak segera diambil tindakan, maka kemungkinan terburuk yaitu kematian bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *