Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan AMOEBIASIS

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Pencernaan > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan AMOEBIASIS

Sekitar 10 persen populasi di dunia terseinfeksi E. Histolytica. Bakteri ini 3 di antara yang paling umum menyebabkan kematian dari infeksi parasitik. Bakteri ini juga memiliki tingkat bahaya tertinggi di negara tropis macam India, Mexcio, Amerika Tengah dan Selatan. Sekitar 90 persen penderita tak menunjukan gejala dan 10 persen sisanya mengalami disentri.

PENYEBAB

Penyebabnya adalah protozoa, Entamoeba Hstolytica. Protozoa ini menyebar di air yang terkontaminasi kotoran atau dari makanan menyebar melalui tangan. Selain itu, sayuran yang tumbuh di tanah dan terkontaminasi kotoran dapat juga menularkan penyakit ini.

GEJALA

Penyakit ini tidak memberikan gejala, namun muncul gejala klinis pada kondisi tertentu. Tapi terkadang dalam beberapa kasus penderita mengalami disentri, demam, menggigil, Bahkan kadang-kadang dikira sebagai kanker di dinding usur besar.

PENGOBATAN

Pasien asymptomatic dapat dirawat dengan agen luminal seperti Liodoquino atau Diloxanide Furoate. Pencegahan yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan sanitasi, serta pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *