Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan ALZHEIMER

Penyakit alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi saraf otak. Daya ingat penderita merosot drastis hingga tak bisa mengurus dirinya. Meskipun penyakit ini kebanyakan diderita usia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang belum lanjut pun dapat mengalaminya.

Oleh karena itu dunia kedokteran membagi penyakit ini menjadi dua kelompok. Pertama Pederita yang usianya kurang 58 tahun disebut sebagai early onset. Kedua kelompok yang menderita pada usia lebih dari 58 tahun disebut sebagai late onset.

PENYEBAB

Dasar penyebab penyakit Alzheimer sampai saat ini masih dalam penelitian tetapi faktor genetika dan faktor lingkungan merupakan 2 faktor risiko yang dominan untuk terjadinya penyakit alzheimer. Ada pula dugaan karena mutasi gen PSEN1 yang menyebabkan Alzheimer.

GEJALA

Penderita penyakit ini menjadi agresif, cepat marah, dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau memuaskan hobi yang pernah diminatinya.

Tanda-tanda yang paling sering terlihat pada penderita alzheimer adalah Kehilangan memori, Agitasi dan perubahan suasana hati, Gangguan dalam membuat keputusan dan menggunakan uang, Kesulitan melakukan tugas-tugas ringan dan berkomunikasi, Sering lupa, Sering mengulangi ucapan atau tindakannya, Menarik diri, Tidak dapat mengenali anggota keluarga dan teman, Kehilangan kemampuan motorik dan sentuhannya, Tidak memperhatikan kebersihan dan perawatan tubuh, Delusi dan paranoia, Bersifat kekanak-kanakan.

PENGOBATAN

Pemberian obat-obatan medis bisa membantu ingatan penderita. Namun yang terutama adalah kasih sayang dan kesabaran dari orang-orang di sekitar penderita.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: