Cara Mencegah WASIR / AMBEIEN

Hemoroidwasirambeien adalah pembengkakan vena di dalam anus bagian bawah. Hemoroid ada dua macam, internal dan eksternal. Hemoroid internal terletak di dalam anus atau rektum bawah. Hemoroid eksternal berada di luar pembukaan anus. Keduanya bisa dialami pada waktu bersamaan. Apapun jenis hemoroid yang Anda derita, semuanya pasti membuat tidak nyaman. Duduk sakit, gatal-gatal, dan nyeri ketika BAB

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan hemoroid supaya tidak kambuh lagi. Berikut ini caranya:

1. Olahraga teratur

Nampaknya olahraga adalah obat ajaib untuk mencegah berbagai penyakit. Tidak hanya akan membantu Anda menghindari masalah seperti penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer, tetapi juga menjaga otot Anda kuat dan lentur, bahkan dapat meningkatkan performa seksual dan mencegah hemaroid kambuh.

Harvard Health menganjurkan agar Anda melakukan 20 sampai 30 menit sehari latihan aerobik intensitas moderat, seperti jalan cepat, untuk merangsang perut dan membuat jadwal BAB menjadi teratur.

2. Bersihkan area pribadi

Meskipun alasannya masih belum jelas, beberapa studi menunjukkan korelasi antara kebersihan anus dengan kambuhnya  wasir. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 138 relawan, para ilmuwan menemukan, hubungan erat antara aktivitas membersihkan anus dan area genital setelah buang air dengan kekambuhan hemaroid.

Para ahli menyarankan agar Anda membersihkan area genital, termasuk anus, sebelum tidur untuk memperkecil risiko kekambuhan.

3. Perbanyak serat

Serat merupakan bagian penting dari pola makan dan pencernaan yang sehat. Serat membantu Anda mencegah wasir dengan cara yang sama seperti olahraga-yaitu mencegah sembelit.

Konsumsilah sekitar 25 sampai 30 gram serat setiap hari, yang dapat Anda temukan dalam makanan tinggi serat seperti kacang, brokoli, wortel,  biji-bijian, dan buah-buahan segar.

4. Perbanyak air putih

Beberapa studi menunjukka bahwa air memiliki peran penting dalam menyehatkan pencernaan. Cukup air dapat membuat saluran pembuangan di tubuh Anda menjadi lunak dan itu artinya mencegah konstipasi.

5. Hindari mengangkat beban terlalu berat

Penelitian menunjukkan kelebihan beban pada tubuh bagian bawah, dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan hemaroid. Jadi, ketika berolahraga angkat beban, ingat untuk bernapas secara teratur untuk meringankan beban dan tekanan pada kuartal belakang tubuh Anda.

6. Jangan menahan BAB

Ketika di luar rumah, kita sering harus menahan keinginan untuk BAB karena alasan tidak ada toilet. Hal ini sebenarnya dapat meningkatkan risiko kekambuhan hemoroid. Menahan  kotoran  terlalu lama dapat membuatnya mengeras dan kering di dalam usus dan akhirnya susah untuk dikeluarkan, menurut Cleveland Clinic.  Jadi, upayakan untuk BAB  sebelum bepergian atau berusalah lebih keras mencari toilet umum saat muncul keinginan BAB ketika Anda jauh dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *