Cara Melakukan Senam Punggung

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Cara Melakukan Senam Punggung

Berikut ini beberapa olahraga/senam dasar untuk meregang dan memperkuat punggung serta otot-otot pendukung. Cobalah masukkan kegiatan olahraga selama 15 menit dalam jadwal kegiatan rutin Anda sehari-hari. (Apabila sebelumnya Anda pernah mengalami sakit punggung atau mengidap penyakit lain seperti osteoporosis, mintalah nasihat dokter sebelum berolahraga).

Berikut adalah olahraga untuk punggung yang bisa Anda lakukan:

Peregangan lutut ke bahu: Berbaringlah telentang di atas suatu permukaan yang keras dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki mendatar. Tarik lutut kiri ke arah dada dengan kedua tangan. Pertahankan posisi ini selama 15 - 30 detik. Kembali ke posisi semula. Ulangi dengan kaki yang berbeda. Lakukan dengan setiap kaki3-4 kali.Peregangan kursi: Duduklah di kursi. Perlahan bungkukkan tubuh ke bawah ke arah lantai, sampai Anda merasa adanya peregangan ringan pada punggung. Pertahankan posisi ini sampai sekitar 15-30 derik. Ulangi gerakkan ini sampai 3 atau 4 kali.
Peregangan "kucing": Langkah 1. Merangkaklah dengan kedua tangan dan lutut Anda. Perlahan-lahan turunkan punggung dan perut Anda ke arah lantai.Peregangan "kucing": Langkah 2. Perlahan-lahan lengkungkan punggung Anda ke atas. Ulangi ini beberapa kali.
Menekan tulang belikat: Duduk tegak di sebuah kursi. Posisi dagu ditarik ke dalam dan kedua bahu ke bawah. Tariklah kedua tulang belikat mendekat dan kencangkan punggung bagian atas Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik. Kembali ke posisi semula. Ulangi ini beberapa kali.Setengah sit-up: Berbaringlah telentang di permukaan yang keras dengan menekuk kedua lutut dan telapak kaki menapak di lantai. Luruskan kedua tangan ke depan, tarik sampai tangan mencapai lutut dan sampai tulang-tulang belikat Anda tak lagi menyentuh lantai. Jangan memegang lutut Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik dan perlahan-lahan kembalilah ke posisi awal. Ulangi ini beberapa kali.
Mengangkat kaki: Langkah 1. Berbaringlah telungkup di atas permukaan keras dengan sebuah bantal besar di bawah antara paha dan perut bagian bawah. Tekuk salah satu lutut dan arahkan bagian telapak kaki sedikit ke atas dan pertahankan posisi ini sekitar 5 detik. Ulangi ini beberapa kali.Mengangkat kaki: langkah 2. Dengan kaki Anda diluruskan, ulangi latihan ini. Naikkan salah satu kaki sedikit lepas dari lantai dan tahan sekitar 5 detik. Ulangi ini beberapa kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *