Cara alami dan manjur menurunkan asam urat (gout)

FARMASI-ID.COM > Penyakit | Farmasi-id.com > Pengobatan > Cara alami dan manjur menurunkan asam urat (gout)

By | 08/10/2018

[xyz-ips snippet="rdh"]
Apa itu asam urat?

Asam urat merupakan suatu produk sampingan dari proses penguraian senyawa kimia yang disebut ‘purin’. Purin terdapat pada sel tubuh dan makanan yang kita konsumsi. Purin sebenarnya bermanfaat bagi tubuh manusia karena menjadi sumber energi dan protein. Asam urat juga baik bagi tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas serta melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Ginjal bekerja dengan memproses produksi asam urat dan mengeluarkan limbah metabolisme itu menuju keluar tubuh melalui urin dan feses.

Apa penyebab tingginya kadar asam urat dalam darah?

Walaupun ginjal biasanya mampu mempertahankan kadar asam urat agar tetap normal, terkadang ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, akibatnya kadar asam urat meningkat dan berlebihan dalam darah.

Apa akibatnya jika kadar asam urat tinggi?

Tingginya kadar asam urat dalam darah dikenal dengan sebutan hyperuricemia. Bila kadar asam urat tinggi dibiarkan berlarut-larut dalam jangka waktu cukup lama maka ia dapat berubah bentuk menjadi mengkristal dan dapat mengendap pada persendian. Selain itu ia juga dapat mengendap pada tendon dan jaringan di sekitarnya. Pada kondisi itu, asam urat yang mengkristal akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh sehingga sistem pertahanan tubuh akan melawan benda asing itu sehingga memunculkan reaksi inflamasi yang gejalanya meliputi kemerahan, bengkak, panas, peradangan, kekakuan dan rasa sakit yang hebat.

Pengkristalan dan pengendapan asam urat pada sendi penderita gout dikenal dengan istilah serangan gout. Kadar asam urat yang tinggi akan berujung pada terjadinya gout.

Bagaimana cara alami menurunkan asam urat?

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat kimia, maka cara berikut ini bisa dilakukan:

Perbanyak minum air putih

Minumlah sekira 2 sampai 3 liter setiap hari. Air akan berperan untuk membantu meningkatkan kinerja ginjal untuk memproses asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Larutan baking soda

Larutan baking soda akan membantu melarutkan asam urat yang mengkristal, dan meningkatkan proses pelarutan asam urat. Gunakan ½ sendok teh baking soda pada 230 ml air. Aduk hingga tercampur sempurna dan minum maksimal 8 gelas sehari satu kali sebelum tidur, satu kali pada saat bangun pagi, dan setiap 2 sampai 4 jam antara waktu makan, ulangi sampai gejala gout hilang. Yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi larutan ini adalah karena baking soda mengandung natrium yang tinggi, maka Anda harus beralih ke pola makan bebas garam selama meminum larutan ini. Jika Anda menderita hipertensi, sebaiknya jangan mengonsumsi larutan baking soda ini.

Konsumsi makanan rendah purin

Penderita asam urat harus menjalankan pola makan rendah purin. Jenis makanan yang perlu dihindari karena mengandung kadar purin tinggi, seperti:

  • Daging merah berlemak
  • Jeroan
  • Unggas dan makanan laut (kecuali: cumi, udang, kepiting, ikan laut).

Hindari minum-minuman keras seperti alkohol dan beer.

Jenis-jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi seperti:

  • Asam lemak esensial (tuna, salmon, dll)
  • Produk susu rendah lemak
  • Karbohidrat kompleks (roti, sereal, pasta, nasi, sayur, buah, dll .)
  • Buah-buahan seperti ceri, stroberi, blueberry, anggur, dll

Semoga dengan menerapkan cara di atas, keadaan asam urat Anda bisa berangsur-angsur berkurang dan normal kembali.