Berbagai penyebab demam / badan panas yang wajib diketahui

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Berbagai penyebab demam / badan panas yang wajib diketahui

Seseorang bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai 38°C atau lebih. Demam dapat terjadi akibat dari respon imun tubuh terhadap sesuatu. Sesuatu itu bisa virus, bakteri, jamur, obat, racun, dan sebagainya.

Reaksi yang ditimbulkan oleh imun tubuh akan menghasilkan suatu zat yang disebut dengan pirogen. Pirogen kemudian menyampaikan pada hipotalamus untuk menambah set point suhu agar tubuh mampu melawan infeksi yang terjadi. Maka suhu tubuh meningkat.

Demam bisa dikatakan sebagai suatu gejala yang umum ketika sesorang mengalami infeksi. Pada anak-anak, setelah melakukan imunisasi atau tumbuh gigi, bisa saja terjadi demam ringan, tergantung pada sistem imun individunya. Selain itu gangguan autoimun, reaksi obat-obatan, kejang, atau bahkan kanker juga dapat memicu terjadinya demam/panas. Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya menyertai demam:

Bila gejala-gejala di atas terjadi, segeralah cari pertolongan medis karena demam juga bisa menjurus kepada beberapa penyakit seperti:

Penggunaan obat antipiretik (obat penurun panas) sebagai pertolongan pertama akan dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Disarankan segera hubungi dokter, sebab bisa saja demam itu merupakan tanda dari suatu penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *