Berbagai Macam Penyebab Pusing dan Pingsan

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kepala > Berbagai Macam Penyebab Pusing dan Pingsan

Ada banyak penyebab pusing. Untungnya, sebagian besar rasa pusing itu ringan, cepat berlalu dan tidak berbahaya. Pusing dapat disebabkan banyak hal, termasuk karena obat, infeksi dan stres. Kata “pusing” juga sebetulnya bisa melukiskan berbagai perasaan.

Vertigo dan Kehilangan Keseimbangan

Vertigo adalah perasaan seakan-akan Anda atau sekeliling Anda berputar. Anda bisa merasa ruangan seperti berputar, atau Anda merasa putaran itu terjadi di dalam kepala atau tubuh Anda sendiri. Vertigo biasanya berkaitan dengan masalah telinga dalam. Telinga dalam memiliki suatu organ yang amat peka dalam merasakan gerakan. Penyakit virus, trauma fisik, atau gangguan lain dapat menyebabkan alat itu mengirimkan pesan palsu ke otak.

Kehilangan keseimbangan adalah perasaan di mana Anda merasa harus berpegangan pada sesuatu untuk mempertahankan keseimbangan tubuh Anda. Kehilangan keseimbangan yang hebat membuat Anda sulit untuk berdiri tanpa jatuh.

Kepala Terasa Ringan dan Pingsan

Kepala terasa ringan mencakup perasaan pusing, melayang, atau hampir pingsan. Pingsan adalah hilangnya kesadaran secara mendadak dan dalam waktu singkat. Pingsan terjadi bila otak tidak mendapatkan cukup darah serta oksigen yang dibawanya. Meskipun menakutkan, pingsan bukanlah alasan untuk cemas. Begitu Anda berbaring telentang, darah akan mengalir ke otak dan Anda akan siuman kembali dalam waktu kurang lebih satu menit. Pingsan dapat disebabkan oleh gangguan medis, seperti penyakit jantung, serangan batuk hebat serta gangguan sirkulasi. Pada kasus lain, pingsan bisa berkaitan dengan beberapa hal berikut ini:

Turunnya tekanan darah dengan cepat, yang disebut hipotensi postural, terjadi ketika Anda berdiri dengan cepat dari posisi duduk atau membungkuk. Setiap orang mengalami reaksi ini dalam derajat ringan. Anda merasa kepala menjadi ringan atau seperti mau pingsan, dan hal itu biasanya berlangsung dalam hitungan detik. Kalau keadaan itu mengarah ke pingsan atau hilang kesadaran, barulah hal itu menjadi lebih serius. Keadaan itu sering terjadi setelah seseorang mandi air hangat atau pada orang yang sedang menjalani pengobatan untuk mengendalikan tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *