Berbagai macam penyebab gigi kuning

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Gigi & Mulut > Berbagai macam penyebab gigi kuning

Kita tentu senang dan bangga memiliki gigi yang putih berseri sehingga merasa percaya diri saat tersenyum. Tapi bagi mereka yang warna giginya tidak seputih itu alias kuning, maka tentu tidak terlalu PD saat harus tersenyum atau tertawa. Jadi karena ketidakpercayaan diri itu, banyak diantara kita yang menutup mulut saat tersenyum dan tertawa, itu tentunya akan mengganggu kita dalam mengekspresikan diri dan bersosialisasi di tengah masyarakat.

Beruntung saat ini banyak pilihan terapi untuk mengatasi gigi kuning ini. Namun sebelum Anda melakukan terapi, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab gigi kuning itu. Nah beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab kenapa warna gigi menjadi kuning.

Tidak rajin gosok gigi

Kebiasaan malas menggosok gigi menjadi penyebab paling sering perubahan warna gigi menjadi kuning. Makanan dan minuman tertentu, seperti apel, kentang, kopi, anggur merah, dan teh dapat menyebabkan warna gigi berubah. Menghilangkan sisa makanan dan minuman itu dari gigi dapat membantu memulihkan warna gigi menjadi putih alami. SIkatlah gigi setidaknya 2 kali sehari.

Genetika atau keturunan

Faktor gen juga bisa mempengaruhi warna gigi, Jika orang tua atau saudara kandung kita mengalami masalah gigi kuning, maka kita juga cenderung akan mengalaminya. Dan karena sifatnya genetik maka hal ini tidak dapat diobati.

Merokok

Karena di dalam rokok terdapat banyak zat kimia, maka asap dan zat kimia yang ada di dalam rokok akan membuat warna gigi menjadi kuning. Terlebih bila sesorang merokok sampai beberapa batang rokok dalam sehari, maka warna gigi akan menguning. berhenti merokok adalah solusi terbaik.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik tetrasiklin, dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Konsultasikan dengan dokter jika itu terjadi.

Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, warna gigi juga dapat berubah. Hal ini bersifat alami dan tidak dapat dirubah atau diobati.


Beberapa perawatan gigi untuk mencegah gigi kuning seperti rajin menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, flossing, menghindari makanan dan minuman penyebab gigi kuning, tidak merokok dan lain-lain bisa Anda lakukan untuk mendapatkan warna gigi yang putih berseri. Konsultasikan dengan dokter secara berkala untuk mengetahui kondisi gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *