Berbagai Macam Penyebab Demam

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Berbagai Macam Penyebab Demam

Dalam keadaan sehat pun, suhu tubuh Anda sering berubah-ubah, dan hal itu wajar. Umumnya 37°C dianggap sebagai suhu tubuh yang sehat. Tetapi, suhu “normal” tubuh Anda bisa saja berbeda sekitar 1° atau lebih. Pagi hari suhu tubuh Anda biasanya lebih rendah, dan sore hari sedikit lebih tinggi. Untuk mengetahui kisaran suhu tubuh anggota keluarga Anda, periksalah suhu tubuh mereka saat dalam kedaan sehat. Temukan kisaran suhu tubuh mereka yang “normal”.

Demam itu sendiri bukanlah suatu penyakit, tetapi sering kali merupakan tanda penyakit. Demam memberitahukan ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Kemungkinan tubuh Anda sedang bereaksi melawan infeksi yang ditimbulkan entah oleh bakteri atau virus. Bahkan demam itu berguna untuk melawan infeksi tersebut. Demam jarang merupakan reaksi terhadap obat, timbulnya radang, atau terlampau panas. Kadang-kadang Anda tidak tahu mengapa tubuh Anda demam. Tetapi jangan secara langsung mencoba menurunkan suhu tubuh Anda itu. Karena menurunkan suhu tubuh itu malah bisa-bisa menutupi gejala adanya penyakit, memperpanjang penyakit, dan memperlambat ditemukan penyebabnya.

Kemungkinan tubuh Anda sedang bereaksi melawan infeksi yang ditimbulkan entah oleh bakteri atau virus. Bahkan demam itu berguna untuk melawan infeksi tersebut. Demam jarang merupakan reaksi terhadap obat, timbulnya radang, atau terlampau panas. Kadang-kadang Anda tidak tahu mengapa tubuh Anda demam. Tetapi jangan secara langsung mencoba menurunkan suhu tubuh Anda itu. Karena menurunkan suhu tubuh itu malah bisa-bisa menutupi gejala adanya penyakit, memperpanjang penyakit, dan memperlambat ditemukan penyebabnya.

Biasanya penyebab demam sudah bisa diketahui dalam waktu satu atau dua hari. Kalau Anda menduga penyebabnya bukan penyakit karena virus, sebaiknya pergi ke dokter. Penyebab umum demam yang lain adalah:

  • Adanya infeksi, seperti infeksi saluran kemih (sering buang air kecil atau buang air kecil disertai rasa pedih), infeksi streptokokus pada tenggorokan atau (sering kali disertai radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di
    bawah kedua mata) atau abses gigi (bengkak di bagian mulut).
  • Infeksi mononukleosis, yang disertai rasa lelah.
  • Tertular suatu penyakit saat Anda berada di luar negeri.
  • Kelelahan karena kepanasan atau terbakar sinar matahari hebat.

Jangan pernah memberi anak-anak atau orang muda aspirin sebagai obat demam, kecuali atas petunjuk dokter. Karena meskipun jarang, aspirin kalau diberikan pada orang yang sedang mengalami suatu infeksi virus, bisa menimbulkan penyakit serius atau bahkan fatal yang dikenal sebagai Sindrom Reye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *