Benarkah Vertigo Merupakan Gejala Awal Penyakit Stroke ?

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kepala > Benarkah Vertigo Merupakan Gejala Awal Penyakit Stroke ?

Vertigo bukanlah suatu penyakit melainkan gejala dari berbagai gangguan saraf, penyakit dalam atau THT (telinga hidung tenggorokan). Vertigo terkadang juga bisa menjadi salah satu tAnda awal serangan stroke.

Vertigo atau kehilangan keseimbangan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari walaupun tidak menimbulkan rasa sakit pada organ tubuh lainnya. Ketika kambuh, penderita vertigo akan mengalami kesulitan berdiri dan bergerak karena merasa sakit kepala luar biasa hingga dunia tampak berputar, bahkan kerap kali disertai dengan rasa mual dan muntah.

80 persen vertigo disebabkan karena gangguan pada peripheral yaitu pada bagian telinga dalam (THT) dan 20 persen gangguan pada central yaitu bagian otak dan sistem saraf.

Vertigo bisa disebabkan karena adanya gangguan saraf, penyakit dalam dan THT (telinga, hidung, tenggorokan). Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain karena serangan migrain, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Kelainan pada telinga juga sering menjadi penyebab, termasuk pula kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, gangguan di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak maupun di dalam otaknya sendiri.

“Vertigo itu bisa merupakan gejala di central, di otak kecil atau pembuluh darah di otak. Stroke juga bisa menyebabkan gejala stroke, bahkan 10 persen pasien stroke mengalami gejala awal pusing vertigo,” jelas dr. M. Kurniawan, Sp.S, staf pengajar neurologi di FKUI RSCM, disela-sela acara Seminar Vertigo “Re-Balance Your Life” di RS Asri, Jakarta.

Menurut dr Kurniawan, pada dasarnya ada tiga tahap untuk diagnosis stroke, yaitu:

  • Pasien diminta untuk tersenyum
  • Pasien diminta untuk mengangkat tangan
  • Pasien diminta untuk bicara

“Jika pasien bibirnya mencong-mencong, tidak bisa mengangkat tangan atau bicaranya cadel maka itu adalah serangan stroke. Tapi pada sebagian orang gejala pusing vertigo juga bisa terjadi. Jadi kalau ada orang stroke dikira vertigo itu mungkin bukan salah diagnosa tapi diagnosanya belum lengkap,” lanjut dr Kurniawan.

dr Kurniawan juga menjelaskan bahwa pada penderita vertigo yang berusia diatas 50 tahun, penyebab gangguan yang sering muncul adalah pembuluh darah otak baik stroke atau transient ischemic attack.

Sumber: Detikhealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *