Apa Itu Pernicious Anemia?

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Apa Itu Pernicious Anemia?

Pernicious anemia (anemia pernisiosa) merupakan suatu kondisi autoimun dimana usus tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan baik. Hal itu menyebabkan tubuh menderita defisiensi vitamin B12 sehingga akan mengalami kekurangan pembentukan sel darah merah. Kondisi ini sangat jarang terjadi dan biasanya risiko tertinggi akan dialami oleh mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

Penyebab dari munculnya pernicious anemia adalah adanya masalah pada sistem imun seseorang. Orang yang menderita pernicious anemia akan mengalami gejala berikut ini:

Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan tubuh tidak mampu membentuk sel darah merah yang cukup. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan tubuh memerlukan oksigen yang cukup agar dapat menjalankan seluruh fungsinya dengan baik. Jika tubuh kekurangan oksigen, maka akan mengalami gejala-gejala seperti di atas. Penyakit pernicious anemia ini termasuk dalam tipe anemia megaloblastik. Kata megaloblastik diambil dari nama tipe sel darah merah megaloblast yang dihasilkan saat tubuh mengalami defisiensi vitamin B12. Megaloblast merupakan tipe keabnormalan terbesar dari sel darah merah.

Mengapa bisa terjadi?

Suatu protein yang disebut faktor intrinsik yang membantu penyerapan vitamin B12 di dalam usus. Lambunglah yang harusnya membuat faktor intrinsik itu. Namun karena ada yang salah dengan sistem imunnya, tubuh melepaskan antibodinya dengan keliru. Antibodi ini justru menyerang sel di dalam lambung sehingga menyebabkan reaksi yang mengakibatkan pengurangan atau penghentian produksi faktor intrinsik tadi sehingga usus tidak bisa menyerap vitamin B12 dari makanan dengan baik.

Dokter akan melakukan beberapa tes pada seseorang untuk memastikan apakah ia benar-benar menderita pernicious anemia atau tidak. Beberapa tes yang dilakukan seperti:

  • Cek level hemoglobin
  • Cek level sel darah merah muda
  • Cek level faktor antibodi intrinsik

Selain itu dokter mungkin juga akan melakukan tes sumsum tulang seperti aspirasi atau biopsi. Jika dokter menemukan perbesaran pada sel sumsum tulang, maka itu merupakan tanda-tanda dari pernicious anemia.

Jika seseorang dinyatakan positif menderita pernicious anemia, maka dokter kemungkinan akan melakukan terapi pemberian vitamin B12 dengan cara alternatif yaitu melalui injeksi. Dokter akan menyuntikkan vitamin B12 melalui otot. Pemberiannya bisa berbasis harian atau mingguan sampai kadar atau level vitamin B12 kembali normal. Kondisi biasanya akan membaik dalam beberapa hari atau minggu setelah terapi diberikan.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika penyakit pernicious anemia tidak segera diberikan pengobatan yang memadai seperti:

Selain akibat pernicious anemia, defisiensi vitamin B12 juga dapat disebabkan oleh:


Daftar pustaka:

  • Pernicious Anemia. https://emedicine.medscape.com/article/204930-overview. Diakses 18 Juli 2018.
  • Pernicious Anemia and Vitamin B-12 Deficiency. https://www.medicinenet.com/pernicious_anemia/article.htm. Diakses 18 Juli 2018.
  • What Is Pernicious Anemia?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/pernicious-anemia. Diakses 18 Juli 2018.
  • Pernicious Anemia (Vitamin B-12 Deficiency). https://www.emedicinehealth.com/pernicious_anemia_vitamin_b-12_deficiency/article_em.htm. Diakses 18 Juli 2018.
  • How do you know if you have pernicious anemia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322498.php. Diakses 18 Juli 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *