Apa Itu Komedo?

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kulit > Apa Itu Komedo?

Komedo berbentuk seperti benjolan yang muncul di permukaan kulit dan berwarna hitam. Karena itulah komedo sering disebut sebagai bintik hitam. Komedo adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Biasanya komedo muncul pada wajah, tapi bisa juga berada di punggung, dada, lengan, atau bahu.

Pori-pori kulit yang tertutup lebih besar dari ukuran pori-pori normal. Ketika pori-pori ini terkena pajanan udara, akan memicu terjadinya reaksi kimia yang melibatkan melanin dan menyebabkan berubahnya pusat pori-pori menjadi berwarna hitam. Komedo bisa terasa sangat menyakitkan dan tidak enak dilihat ketika berubah menjadi benjolan yang lebih besar maupun kista.

Gejala Komedo

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil,terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Penyebab Komedo

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan. Inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya komedo dan jenis jerawat lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya komedo.

Pengobatan Komedo

Untuk mengatasi komedo ringan, Anda bisa melakukan pengobatan di rumah dengan membeli berbagai macam obat yang bisa dibeli bebas di apotek terdekat. Sedangkan untuk kasus yang parah, Anda sebaiknya menemui dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk menentukan langkah pengobatan yang paling tepat. Berikut ini adalah beberapa teknik pengobatan untuk menangani komedo.

  • Obat bebas. Banyak obat untuk segala jenis jerawat yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Obat bisa tersedia dalam bentuk krim, gel, atau tempelan, dan bisa diterapkan langsung pada kulit. Obat-obatan ini biasanya mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorcinol. Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebihan, dan membuat kulit merontokkan sel kulit mati.
  • Obat resep. Obat yang mengandung vitamin A yang berfungsi mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit bisa diberikan. Obat ini digunakan ketika obat-obatan bebas tidak bisa memberikan hasil maksimal. Terutama jika komedo yang muncul disertai dengan kista jerawat dan bisul, obat yang diberikan akan mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik.
  • Dokter spesialis. Dermatolog atau dokter spesialis kulit akan memakai alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujung untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo. Selain itu, alat pengikis kulit khusus juga bisa digunakan untuk membuang sel kulit mati pada permukaan kulit. Dokter spesialis mungkin juga akan memberikan bahan kimia untuk mengupas sel kulit mati.
  • Terapi laser dan cahaya. Terapi laser dan cahaya akan memanfaatkan sinar untuk menurunkan produksi minyak pada kulit atau membunuh bakteri yang ada. Terapi ini bisa mengobati komedo dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar.

Pencegahan Komedo

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk mencegah kemunculan komedo.

  • Cuci muka secara teratur. Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Selain itu, setelah mengonsumsi makanan berminyak, usahakan untuk mencuci muka. Minyak makanan bisa menyumbat pori-pori. Tapi jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa memperburuk jerawat yang ada dan juga membuat kulit mengalami iritasi.
  • Mencuci rambut tiap hari. Cucilah rambut Anda tiap hari, terutama ketika rambut Anda berminyak. Minyak rambut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.
  • Gunakan produk yang tidak mengandung minyak. Pilih riasan, losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak bisa memperparah komedo.
  • Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *