7 Faktor penyebab kulit wajah berminyak berlebihan

FARMASI-ID.COM > Penyakit | Farmasi-id.com > Penyakit > Kulit > 7 Faktor penyebab kulit wajah berminyak berlebihan

By | 07/10/2018

Memiliki kondisi kulit berminyak memang sangat tidak menyenangkan. Bagaimana tidak, tampilan wajah mengkilap, pori-pori terlihat membesar dan make up yang dipakai menjadi tidak bisa bertahan lama. Belum lagi komedo dan jerawat yang mudah menyerang, membuat kepercayaan diri menjadi menurun, apalagi jika harus berhadapan dengan orang lain.

Sebenarnya, di dalam tubuh manusia secara alami akan memproduksi minyak melalui kelenjar sebaceaous. Fungsinya yaitu untuk membantu menjaga kelembaban kulit, tetap terhidrasi, dan sehat. Namun yang menjadi masalah adalah bila kelenjar sebaceous ini terlalu aktif, sehingga minyak yang dihasilkan berlebihan.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan kelenjar sebaceous ini menjadi sangat aktif, seperti faktor genetik setiap individu, perubahan kondisi hormon, kondisi atau keadaan lingkungan tempat tinggal, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

Berikut adalah penjelasan mengenai faktor yang menyebabkan kulit berminyak berlebihan:
1. Faktor Genetik/Keturunan

Masalah kulit berminyak biasanya dialami antar sesama anggota keluarga. Orang tua baik ibu atau ayah yang memiliki kondisi kulit berminyak, maka anaknya pun kemungkinan besar akan mengalami kondisi serupa. Hal itu memang tidak dapat dirubah namun bisa diminimalisir dengan pola gaya hidup sehat dan perawatan yang sesuai.

2. Perubahan Kondisi Hormon

Androgen merupakan hormon yang paling bertanggung jawab terhadap produksi minyak. Jika tidak stabil maka hormon tersebut dapat merangsang peningkatan produksi sebum. Kondisi ini biasa ditemukan pada saat seseorang mengalami pubertas, menjelang menstruasi (PMS), selama periode kehamilan dan juga saat stres.

3. Kondisi dan Keadaan Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan tempat tinggal adalah salah satu faktor penyebab kulit berminyak. Kelembapan dan cuaca yang panas dapat merangsang sekresi sebum yang berlebihan untuk menstabilkan suhu tubuh. Namun sebaliknya, saat cuaca sedang dingin dan kering, kelenjar keringat akan menjadi kurang aktif sehingga kulit menjadi mudah kering dan bersisik.

4. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai

Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan mempengaruhi jumlah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceaous. Sebisa mungkin gunakan produk perawatan kulit oil free, water based atau non-comedogenic biasanya digunakan pada kulit yang berminyak. Biasakan untuk menghapus make up wajah sebelum tidur. Rajin mencuci wajah di pagi dan sore hari dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Bila perlu gunakan masker wajah atau lakukan eksfoliasi secara teratur 2 kali seminggu.

5. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan obat kontrasepsi oral (pil KB) dan obat pengganti hormon tiroid dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Obat lainnya seperti obat penurun tekanan darah diketahui dapat menyebabkan dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi lebih aktif untuk memproduksi minyak. Untuk itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

6. Pola Makan Tidak Baik

Makanan yang mengandung banyak gula, gorengan, cepat saji, dan junk food, diketahui dapat memicu produksi minyak berlebih. Untuk itu sebaiknya konsumsilah makanan sehat. Perbanyaklah mengonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti ikan salmon, alpukat, brokoli dan lainnya.

7. Dehidrasi

Saat dehidrasi, kelenjar sebaceous akan memproduksi banyak sebum atau minyak untuk mengembalikan kelembapan kulit. Karenanya, selalu cukupi kebutuhan air di dalam tubuh dengan minum air putih rata-rata 8 gelas/hari. Bergantung pada aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Bila karena kulit berminyak muncul jerawat yang parah, jangan malu dan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan kulit.

Daftar pustaka:

  • https://www.healthline.com/health/oily-skin-causes#age
  • https://www.foreo.com/mysa/top-7-causes-oily-skin/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090.php
  • https://www.rd.com/health/beauty/surprising-reasons-greasy-oily-skin/