6 Gejala Hipertensi Yang Perlu Anda Ketahui

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > 6 Gejala Hipertensi Yang Perlu Anda Ketahui

6 Gejala Hipertensi Yang Perlu Anda Ketahui
6 Gejala Hipertensi Yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sudah sering dialami oleh banyak orang. Faktor yang mempengaruhi penyakit ini seperti faktor usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, kebiasaan merokok dan lain sebagainya. Hipertensi jika dibiarkan bisa berbahaya untuk kesehatan Anda dan dapat memicu banyak penyakit yang lebih serius. Yang lebih memprihatinkan biasanya tekanan darah tinggi tidak disertai dengan gejala hingga bertahun-tahun.
Sebaiknya kita mengenal gejala-gejala tekanan darah tinggi sebelum penyakit ini menjadi semakin serius. Dibawah ini adalah gejala-gejala hipertensi seperti yang dilansir oleh merdeka.com

1. Sakit kepala
Saat tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg itu dapat mengakibatkan sakit kepala. Namun gejala sakit kepala biasanya tidak muncul pada kondisi hipertensi yang ringan. Apa bila Anda terkena sakit kepala yang terus-menerus, itu dapat merupakan gejala dari tekanan darah yang melonjak naik, keadaan yang lebih serius dari hipertensi ringan.

2. Mimisan
Mimisan merupakan salah satu tAnda dari tekanan darah tinggi pada tahap awal. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan mengalami mimisan tiba-tiba dan sulit dihentikan, sebaiknya segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan.

3. Titik darah pada mata
Titik darah pada bola mata bisa jadi merupakan pembekuan darah akibat hipertensi. Jika Anda merasa ada titik darah pada bola mata, cobalah untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah.

4. Mati rasa (kesemutan)
Gejala mati rasa atau rasa kesemutan bisa juga merupakan tAnda awal dari stroke yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah. Tekanan darah tinggi yang tak segera dikontrol bisa menyebabkan kerusakan saraf yang dapat menyebabkan gejala mati rasa.

5. Mual dan muntah
Mual dan muntah bisa terkait dengan penyakit dan masalah kesehatan lainnya, namun juga bisa jadi merupakan gejala hipertensi. Ada yang membedakan jika mual dan muntah disebabkan oleh tekanan darah tinggi yaitu seseorang juga akan mengalami pAndangan yang kabur dan napas yang pendek-pendek.

6. Pusing
Rasa pusing yang disertai dengan kepala yang terasa ringan dan vertigo juga bisa jadi merupakan gejala dari tekanan darah tinggi. Gejala ini tak boleh diabaikan, terutama jika muncul secara tiba-tiba. Sementara itu, rasa pusing dan vertigo yang disertai dengan kesulitan berjalan dan pingsan bisa menjadi gejala awal dari stroke.

Itulah beberapa gejala hipertensi atau darah tinggi yang perlu kita ketahui. Untuk mencegah hal tersebut lakukanlah pemeriksaan ketika merasa gejala-gejala tersebut diatas.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *