5 Faktor Aneh Penyebab Diare

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Pencernaan > 5 Faktor Aneh Penyebab Diare

5 Faktor Aneh Penyebab Diare
5 Faktor Aneh Penyebab Diare. Faktor umum penyebab diare biasanya berasal dari makanan yang tercemari oleh bakteri. Sehingg ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter, dapat langsung diketahui penyebabnya. Namun bagaimana apabila Anda tiba-tiba terkena diare tanpa memakan makanan yang tercemari bakteri atau makanan yang aneh sebelumnya? Mungkin berikut adalah faktor aneh penyebab diare.
Seperti yang dilansir oleh healt kompas berikut 5 faktor aneh penyebab diare:

1. Sorbitol
Sorbitol merupakan pemanis buatan yang dapat ditemukan dalam produk-produk bebas gula seperti permen karet, permen, obat batuk, minuman olahraga, jus, dan selai. Seorang ahli gastroenterologis Anish Sheth dan juga sebagai penulis buku “What’s Your Poo Telling You?” mengatakan bahwa sorbitol saat dicerna ia akan menarik air di usus sehingga dapat menyebabkan diare.
Untuk mengatasinya Anda dapat memperhatikan label-label produk tertentu dan hindari yang mengandung pemanis buatan ini.

2. Olahraga terlalu keras
Selain faktor makanan berolahraga juga merupakan salah satu faktor diare. Seperti angkat beban berat, lari atau besepeda jarak jauh. latihan terlalu keras tersebut akan mengalihkan suplai darah yang harusnya ke sistem pencernaan menjadi ke otot. Hal ini dapat membuat timbul rasa kram pada perut dan kotoran berdarah.
Mereka yang telah terbiasa melakukan olahraga keras tidak akan terkena diare karena faktor tersebut. Namun jika diare karena olahraga yang terlalu keras terjadi secara terus menerus segera konsultasi dengan dokter.

3. Giardia
Salah satu penyebab diare adalah parasit pada usus yang disebut Giardia. Aktivitas mendaki, berkemah, berenang di danau air tawar, atau minum air yang belum dimurnikan dapat menyebabkan parasit tersebut masuk dan menyebabkan diare.

4. Antibiotik
Antibiotik dapat pula menyebabkan diare. Hal ini karena antibiotik dapat mengubah keadaan flora dalam usus, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat. Ketidakseimbangan ini kemudian mempengaruhi kemampuluan tubuh dalam mencerna makanan. Pencernaan yang terganggu dapat menyebabkan terjadinya diare.

5. Minum alkohol
Meminum alkohol terlalu banyak dapat juga menyebabkan diare. Karena kandungan karbohidrat dalam alkohol tersebut sangat tinggi yang dapat menyebabkan fermentasi berlebihan pada usus. Hal tersebut akan memicu timbulnya gas berlebihan yang memicu rasa ingin BAB. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dengan perbanyak minum air putih.
Itulah beberapa faktor aneh penyebab diare yang belum kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *