5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Batuk

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Pernapasan > 5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Batuk

Batuk dan pilek rentan menyerang di musim hujan. Jika kesehatan dan daya tahan tubuh tak dijaga dengan baik, batuk dan pilek bisa menyerang berturut-turut sehingga mengganggu produktivitas Anda.

Dengan istirahat dan konsumsi makanan serta air putih yang cukup, batuk dan pilek memang akan hilang sendiri dalam waktu kurang lebih 5 hari. Namun ketika batuk dan pilek baru menyerang, tidak ada salahnya Anda melakukan pertolongan pertama agar gejala demam, pusing, batuk dan hidung tersumbat yang muncul tidak semakin parah.

Dikutip dari WebMD, berikut 5 pertolongan pertama saat batuk dan pilek menyerang:

1. Sup ayam

Ada alasan khusus mengapa orang tua kita selalu memasak sup ayam saat musim hujan. Menurut sebuah penelitian, sup ayam memiliki kombinasi manfaat yang bagus untuk meredakan pilek.

Hawa panas dari sup bisa sedikit melegakan hidup. Selain itu, menyeruput kuah sup yang hangat dapat menggantikan cairan yang keluar karena ingus sekaligus meredakan gatal tenggorokan.

2. Teh hangat

Sama halnya dengan sup ayam, secangkir teh hangat mampu membuat hidung menjadi lebih lega, meredakan gatal tenggorokan dan menjaga kebutuhan cairan terpenuhi.

Tambahkan sedikit jeruk nipis atau lemon untuk meningkatkan kadar antioksidan yang dipercaya bisa mempercepat tubuh kembali bugar.

3. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya mempan untuk mengusir drakulan. Penelitian menyebut bawang putih juga berperan baik dalam sistem imunitas tubuh.

Menambahkan bawang putih pada masakan dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik sekaligus menyedapkan makanan Anda.

4. Kumur air garam

Kumur air garam di tenggorokan mampu meredakan rasa gatal yang menyebabkan batuk. Kombinasi air hangat dan garam mampu membunuh kuman yang ada di tenggorokan sekaligus membuat tenggorokan yang kering (penyebab gatal) menjadi lembap dan basah.

5. Tidur

Tidak ada cara lain yang lebih ampuh untuk mengembalikan kesehatan tubuh selain tidur yang cukup. Tidur yang baik dapat membuat fungsi restorasi tubuh bekerja sempurna, yang secara tidak langsung memperbaiki sistem imun Anda dan mempercepat perginya batuk dan pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *