5 Asupan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Liver / Hati

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Ekskresi > 5 Asupan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Liver / Hati

Hati adalah organ kunci dalam sistem pencernaan tubuh. Segala sesuatu yang Anda makan atau minum, termasuk obat-obatan, akan melewati hati.

Jika Anda tak merawatnya dengan rutin olahraga serta menerapkan pola makan sehat, maka hati bisa rusak dan mengganggu sistem kerja tubuh secara keseluruhan. Demikian dikutip dari Web MD. Nah, berikut 5 asupan yang bisa Anda pilih untuk menjaga kesehatan hati:

1. Sayuran berdaun hijau

Studi yang dilakukan di tahun 2015 menyebutkan bahwa sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol dan selada memiliki efek positif untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk di hati. Antioksidan yang dimilikinya juga membantu mengurangi peradangan.

2. Bit

Bit merupakan asupan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati. Ini karena sebagian besar bit terdiri atas nitrat anorganik, yang oleh tubuh kemudian akan diubah menjadi oksida nitrat. Penelitian menunjukkan bahwa diet dengan nitrat anorganik berhubungan dengan tekanan darah dan melancarkan fungsi dari lapisan pembuluh darah di hati.

3. Kunyit

Selain dapat menambah aroma masakan, rempah-rempah ini juga diketahui sangat baik untuk kesehatan hati. Curcumin yang dimiliki kunyit diyakini menjaga keseimbangan kadar zat besi di dalam tubuh, sehingga mengurangi kerja hati agar tak terganggu dan berlebihan.

4. Air putih

Mencukupi kebutuhan minum air putih sehari-hari bukan cuma untuk mengatasi rasa haus lho, tapi juga dapat membantu membilas racun dari dalam tubuh. Air berperan dalam menyaring produk sisaan melalui ginjal, dengan begitu hati bisa fokus pada metabolisme sisaannya sendiri.

5. Alpukat

Konsumsi alpukat dalam diet sehari-hari diketahui dapat membantu tubuh memproduksi jenis antioksidan yang disebut glutathione. Ini merupakan antioksidan yang dapat membantu hati menyaring bahan-bahan berbahaya yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Sumber: Detikhealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *