4 Cara Mudah Mengatasi Mata Perih Akibat Terkena Percikan Cabai

4 Cara Mudah Mengatasi Mata Perih Akibat Terkena Percikan Cabai
ilustrasi mata perih | photo : szeretlekmagyarorszag.hu
4 Cara mengatasi mata perih akibat terkena cabai. Terkena percikan cabai yang dalam bentuk mentah atapun saos adalah hal yang sangat menyakitkan, apalagi yang terkena pada bagian mata. Bagi ibu rumah tangga mungkin hal ini sering terjadi. Namun anda jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meredakan rasa perihnya.

seperti di kutip dari merdeka.com berikut 4 cara untuk meredakan mata perih akibat terkena percikan cabai.

Susu


Susu bukan hanya untuk diminum saja tapi ternyata dapat juga meredakan rasa perih pada mata akibat percikan cabai. Susu membantu untuk menetralisir kapsul caisin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar dan juga menghilangkan minyak yang menyebabkan rasa perih.

Cara penggunaannya adalah dengan membilas mata dengan susu. Lakukan secara perlahan hingga rasa perih mulai redah.


Larutan garam

Banyak yang mengira bahwa larutan garam dapat membuat matah perih, namun sebaliknya air garam mampulu mengobati mata yang perih karena terkena percikan cabai.

Cara penggunaannya adalah dengan membilas mata Anda dengan air dengan larutan garam. Hindari menggosok mata atau menyentuh mata pada saat membilas karena akan mengaktifkan kapiler yang membuat mata menjadi lebih perih.


Air

Ini adalah cara yang paling sering digunakan, yaitu dengan menggunakan air. Saat mata perih cobalah membilas mata Anda dengan menggunakan air dingin. Anda juga dapat menenggelamkan muka dalam baskom yang berisi air dan membuka mata pada saat didalam air.


Handuk

Jika anda telah melakukan cara diatas namun mata masih terasa perih, cobalah gunakan handuk dingin dan tempatkan pada mata anda hingga rasa perih redah.

Itulah 4 langkah mudah yang dapat anda lakukan ketika mata anda terkena percikan cabai. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *