Penem

Farmasi-id.com > Antiinfeksi (Sistemik) > Beta Laktam Golongan Lain > Penem

By | 11/08/2017

Kandungan dan Komposisi

Meropenem

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Infeksi misalnya pneumonia termasuk pneumonia nosokomial, ISK, infeksi intra-abdominal & ginekologi (termasuk endometritis), infeksi kulit & jaringan lunak, meningitis, septikemia. Pengobatan empiris untuk pasien dewasa dengan neutropenia febril(sebagai monoterapi atau terapi kombinasi dengan antiviral atau antijamur).

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa Pneumonia, ISK, endometritis, infeksi ginekologi, infeksi kulit & jaringan lunak 500 mg IV setiap 8 jam. Pneumonia nosokomial, peritonitis, infeksi pada pasien dengan neutropenia, septikemia 1 g IV setiap 8 jam. Meningitis 2 g IV 8 hrly. Anak 3 bln-12 thn 10-20 mg / kg 8 hrly. Anak >50 kg dosis dewasa. Meningitis 40 mg / kg 3x/ hr.

Kontra Indikasi

Hipersensitif.

Perhatian 

Alergi silang dengan penisilin & sefalosporin. Monoterapi pada pasien dengan penyakit kritis & diketahui atau diduga infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa. Pemantauan kadar transaminase & bilirubin pada pasien dengan penyakit hati. Riwayat penyakit GI terutama kolitis; Penggunaan bersamaan dengan obat nefrotoksik lainnya dapat mempengaruhi kemampuan mengemudi atau mengoperasikan mesin. Kehamilan & laktasi. Anak <3 bln.

Reaksi Simpang

Inflamasi, tromboflebitis & nyeri di tempat injeksi; Ruam kulit, pruritus, urtikaria; Sakit perut, mual, muntah, diare, kolitis pseudomembran; Trombositopenia reversibel, eosinofilia, neutropenia, leucopenia, hasil positif pada uji Coombs langsung atau tidak langsung, sakit kepala, parestesia, kandidiasis oral & vag.

Interaksi Obat

Penggunaan bersamaan dengan aminoglikosida dapat meningkatkan resiko nefrotoksik.

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Kemasan dan Sediaan

Penem injeksi 1 g

Harga

Rp 620.000/dus

Produsen

Solas

Sekilas Tentang Solas Langgeng Sejahtera
PT. Solas Langgeng Sejahtera adalah suatu perusahaan farmasi yang didirikan pada tahun 1997. Perusahaan ini mendapatkan izin operasional pada 11 November 1999. Proses produksi produk farmasi di perusahaan ini dilakukan berdasarkan CPOB yang menjadi standar produksi dan mutu untuk setiap produk farmasi yang dihasilkan. Pada akhir tahun 1999 hingga 2000, PT. Solas Langgeng Sejahtera telah mendapatkan sertifikat CPOB untuk 13 jenis produk non beta laktam dan empat jenis produk beta laktam. Produk yang diproduksi oleh PT. Solas Langgeng Sejahtera meliputi obat ethical (resep), vitamin, obat herbal, produk OTC, kosmetik, dan lain-lain. Beberapa brand terkenal dari perusahaan ini seperti Calcimega, Cimexol, Lactacin, Kamolas, Lodecon, Ticomag, Redusec, Vitromega dan masih banyak lagi lainnya. Bentuk sediaan untuk produk-produk tadi meliputi kapsul, sirup kering, kaplet, powder, krim, lotion, dan lain-lain.

Pabrik PT. Solas Langgeng Sejahtera berlokasi di Padalarang, Bandung yang menempati area seluas 1,1 hektar dengan beberapa fasilitas seperti kantor, unit produksi beta laktam, unit produksi non beta laktam, laboratorium, gudang, dan fasilitas lainnya.