Patikan (Jamu Borobudur)

Farmasi-id.com > Herbal > Herbal Batuk > Patikan (Jamu Borobudur)

By | 21/01/2016

Komposisi :

Hirtae Herba Extract 550 mg

Khasiat dan Kegunaan :

Membantu meredakan batuk berdahak

Khasiat Lain :

Patikan juga berfungsi sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan gatal ( antipruritus ), sedative ringan.

Mekanisme Kerja :

  • Kandungan flavonoid terutama glicosida dalam patikan dapat bekerja sebagai ekspektoran yang dapat merangsang pengeluaran dahak.
  • Senyawa fenolik, flavonoid, saponin dan terpenoidmempunyai aktivitas sebagai antibakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri yang menyebabkan timbulnya batuk berdahak.

Cara Pemakaian :

Minumlah secara teratur 2 kali sehari @ 2 kapsul

Kemasan & Izin:

  • POM TR. 112326891: Dus 10 strip @ 5 kapsul
  • POM TR. 062357021: Botol 60 Kapsul @ 550mg

Produsen:

PT. INDUSTRI JAMU BOROBUDUR Kab. Semarang, Jawa Tengah

Sekilas tentang batuk

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Sekilas Tentang Industri Jamu Borobudur
PT. Industri Jamu Borobudur adalah suatu perusahaan produsen obat herbal dan jamu yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Perusahaan ini berdiri pada 29 April 1979. Pada awal masa pendiriannya, perusahaan ini hanya memproduksi jamu dengan sediaan pil, namun kemudian pada mulai mengembangkan sarana dan prasarana produksinya sehingga mampu memproduksi jamu dalam sediaan kapsul.

PT. Industri Jamu Borobudur telah beberapa kali memindahkan lokasi pabriknya untuk pengembangan kapasitas produksi seperti pada tahun 1996, perusahaan memindahkan lokasi beberapa lini produksinya menuju lokasi yang sampai saat ini masih digunakan.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, maka perusahaan melakukan serangkaian modernisasi pada peralatan, pabrik, dan sarana penunjang produksi lainnya sehingga didapatkan beberapa sertifikat mutu seperti ISO 9001:2000, ISO 9001:2008, CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), sertifikat halal MUI, dan sertifikat lainnya. Hal itu guna menjamin produk yang dihasilkan berkualitas baik dan layak untuk digunakan dan dikonsumsi masyarakat.

Beberapa sediaan lain yang saat ini telah diproduksi oleh PT. Industri Jamu Borobudur yaitu pil, kapsul, kaplet, krim, gel, seduhan, cairan obat luar, ekstrak kering, dan ekstrak kental. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini meliputi jamu untuk kesehatan secara umum, jamu untuk penyakit tertentu, jamu stamina dan daya tahan tubuh, jamu perawatan tubuh, penambah berat badan, kewanitaan, dan sebagainya.

Produk PT. Industri Jamu Borobudur dapat dijumpai di seluruh Indonesia dan juga telah diekspor ke beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Nigeria, Swiss, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Selandia Baru, Jepang, dan China.

Nama brand yang terkenal dari perusahaan ini antara lain Mastin, EM Kapsul, dan Molax BAB. Kantor pusat PT. Industri Jamu Borobudur ada di Jl. Madukoro Blok A/26, Semarang, Jawa Tengah.