Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional

By | September 9, 2020 | Farmasi-id.com > Herbal > Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional

Berikut adalah hal yang perlu diketahui dalam meramu obat tradisional:
1. Ramuan jamu yang dibuat tanpa direbus segera digunakan, sedangkan yang direbus dapat diminum dalam jangka 12 jam terhitung dari waktu merebusnya.Lebih dari itu harus direbus supaya tidak basi.
2. Merebus ramuan herbal hendaknya menggunakan alat dari bahan tanah liat jangan merebus jamu dengan panci alumuniumm, timah atau besi.

3. Bahan ramuan yang digunakan harus bersih dan baik.Tidak boleh berjamur, bahan ramuan bekas dimakan serangga, kisut atau busuk jangan digunakan.
4. Air yang digunakan harus bersih, ramuan yang digunakan tanpa direbus harus mengunakan air yang sudah dimasak.
5. Lakukan pengobatan secara teratur, yang perlu diingat pengobatan herbal membutuhkan kesabaran karena tidak langsung terasa manfaatnya tetapi bersifat konstruktif (memperbaiki/membangun) karena sifatnya ini, pengobatan dengan tanaman obat lebih diutamakan untuk pemeliharaan kesehatan dan pengobatan penyakit penyakit yang bersifat kronis(menahun).
6. Pengobatan herbal dapat dikombinasikan dengan obat kimiawi dengan aturan minum obat herbal sekitar 2 jam setelah pemakaian obat kimiawi.
7. Untuk obat tradisional yang menggunakan bahan yang dapat merangsang aktivitas lambung seprti bawang putih, sambiloto, brotowali, jahe merah pada penderita yang sering kena tukak lambung sebaiknya diminum sesudah makan atau diminum mulai dari dosis kecil dulu.
8. Obat tradisional yang menggunakan bahan Daun sirih, supaya khasiatnya tetap terjaga sewaktu merebus masukan daun sirih trakhir kali sekitar 3 menit sebelum ramuan diangkat dan alat merebus ditutup rapat.

Powered by Farmasi-id.com

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional?

Jika Anda lupa menggunakan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 9 September). Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional. Diakses pada 22 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/panduan-umum-dalam-meramu-dan-menggunakan-obat-tradisional/


Format MLA (Modern Language Association)

"Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional". Farmasi-id.com. 9 September 2020. 22 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/panduan-umum-dalam-meramu-dan-menggunakan-obat-tradisional/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional", 9 September 2020, <https://www.farmasi-id.com/panduan-umum-dalam-meramu-dan-menggunakan-obat-tradisional/> [Diakses pada 22 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Panduan Umum Dalam Meramu Dan Menggunakan Obat Tradisional: