OLANZAPINE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Saraf Pusat > Antipsikotik > OLANZAPINE

Deskripsi

Olanzapine digunakan untuk mengobati gangguan saraf, emosi, dan mental. Obat ini dapat digunakan sendiri atau dengan obat-obatan lain untuk mengobati gangguan bipolar.

Obat ini tidak boleh digunakan untuk mengobati gangguan perilaku pada pasien dewasa tua yang telah mengalami demensia atau penyakit Alzheimer. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan tersedia dalam bentuk sediaan tablet

Dosis

Untuk pengobatan skizofrenia

  1. Dewasa: Pada awalnya 5 sampai 10 mg sekali sehari. Dokter dapat menyesuaikan dosis jika diperlukan, namun biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  2. Remaja dan anak-anak usia 13 – 17 tahun: Pada awalnya 2,5 atau 5 mg sekali sehari. Dokter mungkin menyesuaikan dosis jika diperlukan, namun dosis biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  3. Anak-anak usia 13 tahun ke bawah : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Untuk pengobatan gangguan bipolar

  1. Dewasa: Pada awalnya 5 sampai 15 mg sekali sehari. Dokter mungkin menyesuaikan dosis jika diperlukan. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  2. Remaja dan anak-anak usia 13 – 17 tahun: Pada awalnya 2,5 atau 5 mg sekali sehari. Dokter dapat menyesuaikan dosis jika diperlukan, namun biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  3. Anak-anak usia 13 tahun ke bawah: Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Untuk pengobatan gangguan bipolar mania

  1. Dewasa: Pada awalnya 10 sampai 15 mg sekali sehari. Dokter dapat menyesuaikan dosis jika diperlukan, namun biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  2. Remaja dan anak-anak usia 13 – 17 tahun : Pada awalnya 2,5 atau 5 mg sekali sehari. Dokter dapat menyesuaikan dosis jika diperlukan, namun biasanya tidak lebih dari 20 mg per hari.
  3. Anak-anak usia 13 tahun ke bawah : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Efek Samping

  1. Kembung atau pembengkakan pada wajah, lengan, tangan, kaki bagian bawah, atau kaki
  2. Penglihatan kabur
  3. Kehilangan kontrol keseimbangan, kecanggungan atau kegoyangan
  4. Kesulitan berbicara dan menelan
  5. Ketidakmampuan untuk duduk diam, gelisah
  6. Otot gemetar, menyentak, atau kekakuan
  7. Berat badan naik dengan cepat
  8. Perkataan melantur
  9. Kekakuan pada lengan dan kaki
  10. Tangan atau kaki kesemutan atau gemetar

Gejala overdosis

  1. Kecemasan
  2. Perubahan kesadaran, pola dan ritme berbicara
  3. Kejang-kejang (kejang)
  4. Pusing, pingsan, atau sakit kepala ringan ketika bangun dari posisi berbaring atau duduk tiba-tiba
  5. Mengantuk
  6. Mulut kering
  7. Pingsan
  8. Halusinasi
  9. Jantung berhenti berdenyut
  10. Demam tinggi
  11. Tekanan darah tinggi atau rendah
  12. Peningkatan berkeringat
  13. Menjadi pemarah dan agresif
  14. Mood atau perubahan mental
  15. Bibir, kuku, atau kulit pucat atau biru
  16. Otot kaku
  17. Gugup, atau gelisah
  18. Kelelahan atau kelemahan yang tak biasa

Interaksi Obat

  • Tramadol, karena risiko kejang dapat meningkat
  • Alpha-blocker (misalnya, doxazosin), diazepam, atau obat untuk tekanan darah tinggi karena risiko tekanan darah rendah dan pingsan dapat meningkat
  • Antikolinergik (misalnya, skopolamin), benzodiazepin (misalnya, lorazepam), atau fluvoxamine karena obat tersebut dapat meningkatkan risiko efek samping olanzapine
  • Karbamazepin, PI (misalnya, ritonavir), omeprazole, atau rifampin karena obat tersebut dapat menurunkan efektivitas olanzapine
  • Dopamin agonis reseptor (misalnya, pramipexole) atau levodopa karena efektivitas obat tersebut mungkin akan menurun oleh olanzapine

Peringatan dan Perhatian

Keamanan Penggunaan pada Wanita Hamil

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (Kategori C= Mungkinn berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Kemasan dan Sediaan

Bubuk untuk larutan, intramuskular: 10 mg / 2 mL.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Nama Generik

Olanzapine

Nama Brand

Olandoz, Onzapin, Remital, danZyprexa/Zyprexa RAIM/Zyprexa Zydis.