OBH Combi Batuk Berdahak


Apa Kandungan dan Komposisi OBH Combi Batuk Berdahak?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi OBH Combi Batuk Berdahak adalah:

Tiap 5 mL sirup OBH Combi Batuk Berdahak mengandung :

  • Succus Liquiritiae Extract 167 mg
  • Ammonium Chloride 50 mg
  • Anise Oil 0.99 mg
  • Ammonium Liquid 7 mcL
  • Menthol Crystal 4.44 mg
  • Peppermint Oil 3.16 mg
  • Alkohol 2%

Sekilas Tentang Alcohol (Ethanol) Pada OBH Combi Batuk Berdahak
Alkohol dalam berbagai bentuknya merupakan suatu zat yang memiliki sifat antiseptik, disinfektan, dan antidot. Alkohol memiliki banyak bentuk yang digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Pada pembahasan ini kita batasi alkohol dalam bentuk alkohol, n-butanol, dan ethanol. Alkohol dapat diaplikasikan pada kulit sebagai disinfektan kulit sebelum injeksi dan sebelum pembedahan pada operasi. Alkohol dalam bentuk ethanol (suatu komposisi kimia alkohol sederhana) secara intravena digunakan untuk perawatan toksisitas methanol atau toksisitas ethylene glycol saat fomepizole tidak tersedia. Efek toksik dari glycol dapat terkristalisasi pada ginjal dan menyebabkan efek yang sangat serius. Diperkirakan alkohol mulai digunakan sebagai antiseptik pada sekira tahun 1363 namun kemungkinan jauh lebih awal dari itu. Alkohol umumnya dihasilkan dari fermentasi ragi, gula, dan pati pada buah-buahan seperti anggur, kaktus, tebu, gandum, dan sebagainya.

Alkohol dalam bentuk n-butanol (produk minor hasil fermentasi gula) dalam jumlah kecil digunakan dalam industri makanan dan miuman sebagai pelarut dan pengaroma. Alkohol berupa ethanol (alkohol yang secara alami diproduksi oleh fermentasi gula oleh ragi) memiliki sifat memabukkan biasanya dijumpai pada produk-produk minuman keras seperti bir, wine, dan sejenisnya. Efek samping yang biasa terjadi saat seseorang mengonsumsi alkohol adalah pusing, mual, dan muntah. Alkoho dapat bersifat adiktif, menyebabkan alkoholisme, dan ketergantungan serta menimbulkan efek penarikan. Mengonsumsi alkohol dalam jangka lama dapat menyebabkan kerusakan hati kerusakan otak, dan berisiko menyebabkan kanker. Kebanyakan efek tadi ditimbulkan jika mengonsumsinya dalam dosis besar dan frekuensi sering. Namun kemungkinan efek samping itu bisa saja terjadi pada penggunaan dosis ringan dan moderat. Alkohol pada bir bekerja dengan meningkatkan efek neurotransmiter yang disebut γ-aminobutyric acid atau GABA. GABA adalah inhibitor major neurotransmiter pada otak dan dengan memfasilitasi aksinya, alkohol dapat menekan aktifitas sistem saraf pusat. Alkohol juga secara langsung berefek pada sistem neurotransmiter lainnya termasuk glutamate, glycine, acetylcholine, dan serotonin. Hasilnya akan terjadi peningkatan kadar dopamin dan opioid endogen pada otak.

Pada industri farmasi, alkohol digunakan sebagai pelarut atau media "transportasi" pada berbagai jenis obat baik obat bebas maupun obat resep. Selain itu ia juga digunakan sebagai pengawet produk farmasi.
Sekilas Tentang Peppermint Oil Pada OBH Combi Batuk Berdahak
Peppermint oil berasal dari tanaman peppermint. Peppermint oil biasanya digunakan untuk perasa makanan dan minuman juga sebagai pengharum pada sabun dan kosmetik. Peppermint oil juga biasa digunakan untuk berbagai macam kondisi kesehatan dan bisa dikonsumsi secara oral dalam bentuk suplemen makanan atau juga secara topikal berupa krim kulit atau salep.

Secara klinis peppermint oil terbukti mampu mengatasi gejala sindrom iritasi usus besar. Selain itu juga dapat membantu sistem pencernaan dengan mencegah kejang pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh endoskpi atau enema barium. beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan peppermint oil topikal dapat membantu mengatasi sakit kepala dan puting susu pecah-pecah akibat menyusui. Bila digunakan sesuai petunjuk, peppermint oil berupa suplemen makanan dan topikal aman untuk digunakan pada orang dewasa secara umum.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Suplemen makanan yang mengandung peppermint oil bisa digunakan untuk membantu masalah kesehatan berikut ini:
  • Mual
  • Muntah

  • Morning sickness

  • Kram saluran gastrointestinal bagian atas dan saluran empedu

  • Diare

  • Perut bergas

Dalam bentuk topikal, peppermint oil juga bisa digunakan untuk mengatasi:
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot

  • Sakit syaraf

  • Sakit gigi

  • Peradangan mulut

  • Rasa gatal

  • Ruam alergi

  • Anti nyamuk
Uap peppermint oil juga digunakan dalam bentuk inhaler untuk membantu mengatasi gejala batuk dan pilek. Beberapa dokter menambahkan minyak peppermint ke larutan barium untuk mengendurkan usus besar selama enema barium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kapsul enterik peppermint oil dapat membantu meredakan gejala umum dari sindrom iritasi usus besar seperti sakit perut, kembung dan perut bergas. Studi juga menunjukkan bahwa jika peppermint oil dikombinasikan dengan minyak jinten akan dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Sekilas Tentang Anise Pada OBH Combi Batuk Berdahak
Anise atau Aniseed (Pimpinella anisum), adalah tanaman berbunga di keluarga Apiaceae, asli wilayah Mediterania timur dan Asia barat daya. Ini adalah tanaman tahunan herba yang tumbuh hingga 1 m. Daun di pangkal tumbuhan sederhana, panjang 2-5 cm dan berlobang dangkal, sedangkan daun yang lebih tinggi pada batang menyirip berbulu, terbagi menjadi banyak selebaran. Bunganya berwarna putih, diameter 3 mm, diproduksi di umbel padat. Buahnya adalah schizocarp kering lonjong, panjang 3-5 mm.

Spesies Pimpinella digunakan sebagai tanaman makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera, termasuk pug bintik kapur dan pug wormwood.

Nama dalam bahasa lain

Natchatira Serakam

Penggunaan

Kuliner

Mengandung komponen seperti akar manis, adas manis manis dan sangat aromatik. Ini digunakan untuk membuat kembang gula berikut: Aniseed balls (Inggris), Aniseed wheels (Selandia Baru), pizzelles (Italia), pfeffernusse (Jerman), dan Knotts (Norwegia). Adas manis juga digunakan untuk membuat minuman Meksiko atole atau champurrado yang mirip dengan cokelat panas, minuman Turki Raki (minuman beralkohol), Sambuca Italia, beberapa Root beer seperti Virgil's Root Beer di Amerika Serikat, dan sebagai pencernaan setelah makanan di India.

Penggunaan obat-obatan

Adas manis, seperti adas, mengandung anethole, dan dikenal sebagai fitoestrogen.
Adas manis adalah antiparasit ringan dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, meredakan sakit gigi, dan minyak atsirinya untuk mengobati kutu dan kudis.

Penggunaan lainnya

  • Dalam aromaterapi, minyak esensial adas manis digunakan untuk mengobati pilek dan flu.

  • Menurut Pliny the Elder, adas manis digunakan sebagai obat untuk sulit tidur, dikunyah dengan alexander dan sedikit madu di pagi hari untuk menyegarkan nafas, dan ketika dicampur dengan anggur sebagai obat untuk sengatan kalajengking (N.H. 20.72).

  • Di Mediterania, adas manis digunakan dalam produksi minuman beralkohol, seperti Arak (Maroko), Ouzo (Yunani) dan Raki di Turki.

  • Dalam masakan India, tidak ada perbedaan antara adas manis dan adas. Oleh karena itu, nama yang sama (saunf) biasanya diberikan kepada keduanya. Beberapa menggunakan istilah patli (tipis) saunf atau velayati (asing) saunf untuk membedakan adas manis dari adas.

  • Di Thailand digunakan untuk membumbui teh.

  • Di Mesir air mendidih dituangkan sekitar satu sendok makan adas manis dalam cangkir teh untuk membuat teh panas.

  • Pembuat lokomotif uap di Inggris memasukkan kapsul minyak adas manis ke dalam bantalan logam putih, sehingga baunya yang khas akan memberi peringatan jika terjadi panas berlebih.

  • Adas manis dapat dibuat menjadi aroma cair dan digunakan untuk berburu dan memancing.

  • Adas manis berbau mirip dengan akar manis dan dipasang pada umpan pancing untuk menarik ikan. Anethole, komponen utama minyak adas manis adalah prekursor yang pada akhirnya dapat menghasilkan 2,5-dimetoksibenzaldehida yang digunakan dalam sintesis rahasia obat-obatan psikedelik seperti 2C-B, 2C-I dan DOB. Adas manis juga merupakan rasa utama dari Absinthe serta digunakan sebagai penyedap untuk pastis, ouzo, pernod, sambuca, rak, Becherovka, anice tutone, Chartreuse dan minuman lainnya. Adas manis memiliki efek khusus pada beberapa anjing yang sejajar dengan efek catnip pada kucing rumahan. Beberapa kucing juga tampak tertarik pada adas manis. Adas manis sangat aman untuk dimakan kucing dan anjing.

Sekilas Tentang Ammonium Chloride (Amonium Klorida) Pada OBH Combi Batuk Berdahak
Ammonium chloride merupakan suatu zat yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai ekspektoran, ia juga bisa berfungsi untuk membantu mengobati edema dan penyakit Laennex. Sebagai ekspektoran, ammonium chloride bekerja dengan mengiritasi mukosa yang menyebabkan rangsangan kelenjar mukosa yang menyebabkan pengeluaran produksi cairan pernapasan berlebih. Obat yang mengandung ammonium chloride sebagiknya tidak digunakan oleh wanita hamil.

Sekilas Tentang Menthol Pada OBH Combi Batuk Berdahak
Menthol adalah senyawa organik yang dibuat secara sintetis biasanya berasal dari herbal peppermint, eucalyptus dan pennyroyal. Mentol memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Diterapkan secara topikal atau digunakan secara oral, mentol telah terbukti membantu mengobati masalah pencernaan, nyeri, peradangan dan hidung tersumbat.

OBH Combi Batuk Berdahak Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan OBH Combi Batuk Berdahak?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. OBH Combi Batuk Berdahak adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Ekspektoran pada gangguan batuk.

Apa Saja Kontraindikasi OBH Combi Batuk Berdahak?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian OBH Combi Batuk Berdahak dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen obat.

Sekilas tentang batuk
Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Sekilas tentang pilek
Pilek, biasa juga dikenal sebagai nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma, merupakan penyakit menular yang disebabkan virus pada sistem pernapasan yang terutama menyerang hidung.Tenggorokan, sinus, dan kotak suara juga dapat terpengaruh. Tanda dan gejala mungkin muncul kurang dari dua hari setelah paparan. Itu termasuk batuk, sakit tenggorokan, rhinorrhea, bersin, sakit kepala, dan demam. Orang biasanya sembuh dalam tujuh sampai sepuluh hari. Beberapa gejala dapat berlangsung hingga tiga minggu. Pada orang-orang dengan masalah kesehatan lainnya, pneumonia kadang-kadang berkembang.

Ada lebih dari 200 strain virus yang terlibat dalam penyebab pilek; rhinovirus adalah yang paling umum. Mereka menyebar melalui udara selama kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan secara tidak langsung melalui kontak dengan benda-benda di lingkungan diikuti dengan transfer ke mulut atau hidung. Faktor risiko termasuk pergi ke tempat penitipan anak, tidak tidur dengan baik, dan stres psikologis. Gejala sebagian besar karena respon kekebalan tubuh terhadap infeksi daripada kerusakan jaringan oleh virus sendiri. Penderita influenza sering menunjukkan gejala yang sama seperti penderita pilek, meskipun gejala biasanya lebih parah di influenza.

Tidak ada vaksin untuk pilek. Metode utama pencegahan adalah mencuci tangan; tidak menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci; dan menjauh dari orang-orang yang sakit. Beberapa bukti mendukung penggunaan masker wajah. Tidak ada obat untuk pilek, tetapi gejalanya dapat diobati.Obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS, nonsteroidal anti-inflammatory drug, NSAID) seperti ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit.Antibiotik tidak boleh digunakan. Bukti tidak mendukung manfaat dari obat batuk.

Pilek adalah penyakit infeksi yang paling sering pada manusia. Rata-rata orang dewasa terkena pilek dua sampai empat kali setahun, sedangkan rata-rata anak bisa terkena enam sampai delapan kali. Pilek terjadi lebih sering pada musim dingin. Infeksi ini telah ada pada manusia sejak zaman kuno.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai OBH Combi Batuk Berdahak?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai OBH Combi Batuk Berdahak:

Dewasa : Sehari, 1 – 4 x 3 sendok takar (@ 5 mL).
Anak-anak 6 – 12 tahun : Sehari, 1 – 4 x 1 sendok takar (@ 5 mL).

Bagaimana Cara Penyimpanan OBH Combi Batuk Berdahak?

Simpan di bawah suhu 30 derajat celcius.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan OBH Combi Batuk Berdahak?

Tersedia dalam kemasan : OBH Combi Batuk Berdahak rasa menthol, 1 botol @ 100 mL.

Apa Nama Perusahaan Produsen OBH Combi Batuk Berdahak?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk OBH Combi Batuk Berdahak:

Combiphar

Sekilas Tentang Combiphar
PT. Combiphar ((Combined Imperial Pharmaceutical Incorporation) adalah suatu perusahaan farmasi yang didirikan pada 1971 di Bandung. Awalnya perusahaan ini hanya industri kecil atau home industri yang memproduksi OBH (Obat Batuk Hitam), antibiotik, dan analgesik. Pada 1985 Dr. Biantoro Wanandi dan Hamadi Wijaya membawa kemajuan pesat bagi PT. Combiphar seperti berhasil mandapatkan sertifikat CPOB pada tahun 1991, mendirikan beberapa fasilitas produksi baru untuk memisahkan fasilitas profuksi produk sefalosporin dengan produk lainnya, bekerja sama dengan Rohto untuk memproduksi produk kesehatan mata, bekerja sama dengan Sanofi-Syntelabo , dan sebagainya.

Hasil kerjasama dengan Sanofy akhirnya membuat didirikannya perusahaan baru bernama PT. Sanofi-Syntelabo Combiphar (SSC) yang kemudian pada 2006 berubah namanya menjadi PT. Pharma Health Care. Pada 2006 PT. Combiphar berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2000.

PT. Combiphar memiliki pabrik di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat dan kantor pusatnya ada di Graha Atrium Senen, Jakarta. Saat ini CEO PT. Combiphar dijabat oleh Michael Wanandi, anak dari pendiri perusahaan ini. Dibawah kepemimpinannya, perusahaan ini berhasil meraih penghargaan Asia's Leading SMEs dalam ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards 2018.