Obat Tradisioanal Sariawan

By | September 11, 2020 | Farmasi-id.com > Herbal > Obat Tradisioanal Sariawan

Obat tradisional sariawan  yang akan dibagi pada postingan kali ini menggunakan herbal yang banyak ditemui di temui di pekarangan rumah, bahkan mudah dicari di pasar tradisional.
Sariawan pada mulut merupakan luka pada jaringan lunak di dalam mulut. Dapat terjadi pada lidah, langit-langit, tonsil, gusi, pipi bagian dalam, atau pada bibir. Biasanya berupa tukak kecil berbintik-bintik putih dengan tepi berwarna merah. Walaupun termasuk penyakit ringan dan mudah sembuh tetapi sariawan mempunyai kecendrungan berulang.

Sariawan mulut dapat disebabkan kekurangan zat gizi besi, vitamin B12, atau vitamin C. Dapat juga timbul karena lidah tergigit, alergi makanan tertentu, dan gangguan hormonal seperti ketika stres dan haid. Juga bisa terjadi karena perut kurang bersih karena sembelit (susah buang air besar).
Pencegahan dan perwatan yang dilakukan antara lain :
1.       Menjaga kebersihan mulut, cukup istirahat, dan menghindari stres.
2.       Konsumsi makanan yang lembut, sepeti bubur, buah dan sayuran segar, terutama yang banyakmengandung vitamin C.
3.       Hindari makanan yang pedas, panas, asin, keras, dan alkohol.
Obat tradisional  sariawan bisa mengunakan daun saga, daun sirih, asam jawa dan kunyit. Resep lengkapnya bisa dilihat dibawah ini, pilih sesuai dengan bahan yang mudah didapat.
Resep 1 Obat Tradisional Untuk Sariawan

Bahan :
Daun saga ……………………. 1 sendok makan
Daun sirih setengah tua ….. 3 lembar
Kunyit ………………………….. sebesar telur ayam
Gula batu …………………….. sebesar telur itik
Cara meramu:
Kunyit dikupas, dicuci dan diiris tipis. Setelah daun sirih, daun saga dicuci, masukan semuanya ke dalam 4 gelas air, dan rebus sampai tersisa sekitar 2 gelas. Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas. Sisa jamu bisa dipanaskan agar tidak basi.
Resep 2 Obat Tradisional Untuk Sariawan
Bahan :
Daun saga segar  ………. 20 gr
Kunyit ……………………… 20 gr
Asam jawa tanpa biji ….. 20 gr
Gula aren …………………. secukupnya
Cara meramu :
Cici bersih semua bahan, iris tipis-tipis kunyit. Rebus semua bahan dengan 400 ccair hingga tersisa sekitar 200 cc. Angkat dan saring.
Aturan pakai :
Setelah dingin minum ramuan 2-3 kali sehari.
Pilih salah satu resep diatas dan lakukan secara teratur.
Demikian informasi yang rumah obat tradisional bisa bagi kali ini, semoga bermanfaat. Dan bagi Anda yang mencari bahan obat tradisional, obat herbal alami bisa berkunjung ke toko herbal keraton  di sini.

Terimakasih kepada :
 1. TRUBUS383/0KT 2001/Rubrik obat tradisional asuhan R.Broto Sudibyo
2. Ramuan Lengkap Herbal Taklukan Penyakit Karya Prof.H.M.Hembing Wijaya Kusuma

Powered by Farmasi-id.com

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Obat Tradisioanal Sariawan Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Obat Tradisioanal Sariawan, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Obat Tradisioanal Sariawan?

Jika Anda lupa menggunakan Obat Tradisioanal Sariawan, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Obat Tradisioanal Sariawan Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Obat Tradisioanal Sariawan?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Obat Tradisioanal Sariawan yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 11 September). Obat Tradisioanal Sariawan. Diakses pada 21 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/obat-tradisioanal-sariawan/


Format MLA (Modern Language Association)

"Obat Tradisioanal Sariawan". Farmasi-id.com. 11 September 2020. 21 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/obat-tradisioanal-sariawan/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Obat Tradisioanal Sariawan", 11 September 2020, <https://www.farmasi-id.com/obat-tradisioanal-sariawan/> [Diakses pada 21 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Obat Tradisioanal Sariawan: