Obat Tadisional Batu Empedu

By | September 11, 2020 | Farmasi-id.com > Herbal > Obat Tadisional Batu Empedu

Bila nafsu makan anda menurun dan sering masuk angin, hati-hatlah. Itu sebagian gejala serangan batu empedu. Makan makanan berpengawet yang dikomsumsi merupakan salah satu pemicu batu empedu. Juga garam dan gula pasir yang belum sempurna pengolahannya ditenggarai ikut andil menyebabkan timbulnya batu empedu.

Batu empedu merupakan suatu keadaan terbentuknya batu dalam kantung empedu. Kadang batu empedu juga terbentuk dalam saluran empedu. Batu kandung empedu yang tinggal diam tidak menimbulkan gejala. Namun jika batu tersebut menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantung empedu akan menimbulkan rasa rsakit yang hebat.

Batu empedu kebanyakan terbentuk dari proses biokimiawi antara pigmen empedu, kalsium, dan kolesterol.
Penyakit batu empedu tidak selalu menunjukan gejala, hanya pada keadaaan memburuk atau terjadi peradangan saja.Gejala yang biasa timbul berupa rasa nyeri yang hebat pada bagian atas kanan perut yang menjalar ke punggung. Umumnya serangan datang sewaktu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Gejala  batu empedu lainnya, yaitu timbul penyakit kuning (jika batu empedu menyumbat saluaran empedu), gangguan pencernaan, mual, muntah, banyak gas dalam perut dan kadang feses berwarrna coklat.

Obat tradisional batu empedu yang banyak digunakan adalah daun kejibeling, daun kumis kicing, daun sendok dan daun ungu. Adapun resep lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Resep 1 Obat Tradisional Batu Empedu
Bahan :
Daun kejibeling       : …………… 7 lembar/ basah 11 grm / kering 7 grm
Daun kumis kucing  : …………… 25 lembar
Meniran                  :  ………….. 3 batang / kering 15 gr
Rambut jagung        : …………… 1/2 genggam

Cara Meramu :
Setelah bahan obat alami batu empedu dicuci, kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas.Angkat dan saring.

Aturan Pakai :
Minum obat batu empedu alami dengan dosis 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan.

Resep 2 Obat Tradisional Batu Empedu
Bahan :
Daun sendok           : ………… 11 lembar
Daun kumis kucing     : ………… 25 lemabar
Daun keji beling         : …………… 5 lembar
Daun ungu                 : …………… 5 lembar

Cara meramu :
Cuci semua bahan obat herbal batu empedu diatas, kemudian rebus semua bahan dengan air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas.Setelah dingin segera angkat.

Aturan pakai :
Minum ramuan obat alami  batu empedu dengan dosis 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Catatan : Selama minum ramuan obat tradisional batu empedu diatas sebaiknya penderita menghindari minuman beralkohol, kopi dan teh yang kental, susu, air es, cuka, makanan berlemak, makanan bersantan, pedas, dan jeroan.Juga menghindari sayuran dan buah yang menimbulkan gas didalam perut seperti kol, durian dan nangka.Termasuk untuk menghindari semua jenis ikan air laut dan tawar kecuali ikan tanpa sisik (lele).

Disampuling itu Anda harus juga berpantang makan  daging lantaran susah dicerna dan hindari makanan bercuka.Upayakanselalu mengenakan pakaian hangat. Hindari pula memijit di bagian hati.
Perbanyak konsumsi jagung muda yang diasauyur bening, sawi, dsan daun singkong. Sayuran ini mempermudah buang air besar. Minimal 1/2 gelas air nanas per hari sebaiknya Anda konsumsi.

Khusus penderita batu empedu sekaligus diabebets mellitus (kencing manis) tambahkan beberapa lembar daun salam. Selain sebagai penyedap, salam juga penurun kadar gula dalam darah,

Demikian postingan rumah obat tradisional tentang resep obat batu empedu tradisional ini, semoga bermanfaat.

Terimsa kasih untuk TRBUS 365/April 2000

Powered by Farmasi-id.com

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Obat Tadisional Batu Empedu Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Obat Tadisional Batu Empedu, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Obat Tadisional Batu Empedu?

Jika Anda lupa menggunakan Obat Tadisional Batu Empedu, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Obat Tadisional Batu Empedu Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Obat Tadisional Batu Empedu?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Obat Tadisional Batu Empedu yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 11 September). Obat Tadisional Batu Empedu. Diakses pada 20 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/obat-tadisional-batu-empedu/


Format MLA (Modern Language Association)

"Obat Tadisional Batu Empedu". Farmasi-id.com. 11 September 2020. 20 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/obat-tadisional-batu-empedu/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Obat Tadisional Batu Empedu", 11 September 2020, <https://www.farmasi-id.com/obat-tadisional-batu-empedu/> [Diakses pada 20 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Obat Tadisional Batu Empedu: